Pengaruh Citra Merek, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Sogo Paris Van Java Bandung)

  • Elsa Solia Putri Manajemen / Ekonomi & Bisnis
  • Dedy Ansari Harahap Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Mochamad Malik Akbar Rohandi Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Keywords: Citra merek, Kualitas Pelayanan, Promosi, Keputusan Pembelian

Abstract

Abstract. This study focuses on the application of brand image, service quality and promotion at SOGO Paris Van Java Bandung, and the purpose of this study is to determine how much influence brand image, service quality and promotion have on the purchasing decision of SOGO Paris Van Java Bandung. The research method used is the survey method. The type of research used is descriptive verification with a quantitative approach. The sampling technique used is non- probability sampling, namely purposive sampling. The population in this study are consumers of SOGO Paris Van Java Bandung. The sample in this study was 400 respondents. The data collection technique used is a questionnaire. The data analysis method used is descriptive and statistical analysis by using multiple linear regression analysis, F test, and T test. The results of this study indicate that the Brand Image variable partially has a significant effect on Purchase Decisions, the Service Quality variable partially has a significant effect on Purchase Decisions and the Promotion variable partially has a significant effect on Purchase Decisions. And simultaneously variable Brand Image, Service Quality and Promotion have a significant effect on consumer purchasing decisions at SOGO Paris Van Java Bandung.
Keywords: Brand image, Service Quality, Promotion and Purchase Decision.


Abstrak. Penelitian ini berfokus pada penerapan Citra merek, Kualitas Pelayanan dan Promosi pada SOGO Paris Van Java Bandung, dan tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Citra merek, Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian SOGO Paris Van Java Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling yaitu purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen SOGO Paris Van Java Bandung. Sampel dalam penelitian ini adalah 400 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deksriptif dan statistik yaitu dengan menggunakan analisis regresi linier berganda, uji F, dan uji T. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Citra Merek secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, variabel Kualitas Pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian dan variabel Promosi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Dan secara simultan variabel Citra merek, Kualitas Pelayanan dan Promosi berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian konsumen pada SOGO Paris Van Java Bandung.
Kata Kunci: Citra merek, Kualitas Pelayanan, Promosi dan Keputusan Pembelian.

Published
2022-08-05