Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Orang Tua dan Anak dengan Motivasi Belajar Anak di Masa Pandemi Covid-19

  • Delina Rahmalia Wahyudi Prodi Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi
  • Oji Kurniadi
Keywords: e-learning, komunikasi interpersonal, motivasi belajar

Abstract

Abstract. The increase in COVID-19 cases that occur every day has prompted the Indonesian government through the Ministry of Education and Culture to issue Circular No. 4 of 2020 concerning the Implementation of Education Policies in the Emergency Period for the Spread of COVID-19. One of the points of the circular contains that the learning process is carried out from home using ansystem e-learning. Therefore, SDN 190 Cisaranten Kidul Bandung implements the government's recommendation through the circular letter to implement e-learning. With the existence of e-learning, parents can use it well in establishing good communication with children, one of which is by helping, providing understanding, providing motivation when children face difficulties when implementing e-learning. The theory that is considered relevant in this research is using the theory of interpersonal communication according to Devito and the theory of learning motivation according to Hamzah B. Uno. The research method used is a quantitative (correlational) method with a correlation test using Rank Spearman using the SPSS Version 24 application, the sampling technique using proportional sampling, with 67 respondents. In collecting data the researchers used a questionnaire (questionnaire). The results obtained from this study are that there is a high and significant relationship between parent-child interpersonal communication and children's learning motivation during the COVID-19 pandemic.

Abstrak. Peningkatan kasus COVID-19 yang terjadi tiap harinya membuat pemerintah Indonesia melalui Kemendikbud mengeluarkan Surat Edaran No. 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran COVID-19. Salah satu poin dari surat edaran tersebut berisi bahwa proses belajar dilakukan dari rumah menggunakan sistem e-learning. Maka dari itu SDN 190 Cisaranten Kidul Bandung menerapkan anjuran pemerintah melalui surat edaran tersebut untuk melaksanakan e-learning. Dengan adanya e-learning dapat dimanfaatkan dengan baik oleh orang tua dalam menjalin komunikasi yang baik dengan anak, salah satunya yaitu dengan membantu, memberikan pemahaman, memberikan motivasi ketika anak menghadapi kesulitan saat melaksanakan e-learning. Teori yang dianggap relevan pada penelitian ini yaitu menggunakan teori komunikasi interpersonal menurut Devito dan teori motivasi belajar menurut Hamzah B.Uno. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif (korelasional) dengan uji korelasi menggunakan Rank Spearman dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS Versi 24, teknik penarikan sampel menggunakan proportional sampling, dengan 67 responden. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan angket (kuisioner). Hasil yang di dapat dari penelitian ini yaitu adanya hubungan yang tinggi dan signifikan antara komunikasi interpersonal orang tua dan anak dengan motivasi belajar anak di masa pandemi COVID-19

Published
2022-01-20