Kegiatan Komunikasi Pendampingan PT Sucofindo

  • Emailda Agustiane Arvin Prodi Public Relation, Fakultas Ilmu Komunikasi
  • Maman Suherman
Keywords: Digital Marketing, Pembinaan UMKM, MSME DEVELOPMENT

Abstract

Abstract. The development of the current era is running very fast and has an impact on the advancement of operational activities and corporate social responsibility. The company really needs the trust of the community to advance the company. Through PKBL activities the company can form public perception that the company has concern for the surrounding community. PT SUCOFINDO is one of the SOEs that implements MSME development programs in Indonesia. The new program created by SUCOFINDO is a digital marketing assistance program that is carried out online. The program is specifically designed to help improve and develop small businesses. The purpose of this study was to determine the design of the message, the role of communicators, how to overcome obstacles, and to find out the reasons for the need for mentoring by PT SUCOFINDO in Assisting Communication Activities of Fostered MSMEs. The research method chosen by the researcher is a qualitative research method with a case study approach. Researchers used data collection techniques through interviews, observation, documentation and literature study. This program uses a persuasive message design. The role of the communicator in this program is as a companion who builds the trust of the fostered MSMEs. Barriers to this program include the educational background of the assisted MSMEs. This program was created because of problems in the field, namely the assisted MSMEs still use traditional sales methods.

Abstrak. Perkembangan zaman saat ini berjalan dengan sangat cepat dan berdampak pada semakin majunya aktivitas operasional dan tanggung jawab sosial perusahaan. Perusahaan sangat membutuhkan kepercayaan dari masyarakat untuk memajukan perusahaan tersebut. Melalui kegiatan PKBL perusahaan dapat membentuk persepsi masyarakat bahwa perusahaan memiliki kepedulian kepada masyarakat yang ada di sekitarnya. PT SUCOFINDO merupakan salah satu BUMN yang menerapkan program pembinaan UMKM di Indonesia. Program baru yang dibuat oleh SUCOFINDO ialah program pendampingan digital marketing yang dilaksanakan melalui daring. Program tersebut dikhususkan untuk membantu meningkatkan dan mengembangkan usaha kecil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui rancangan pesan, peran komunikator, cara mengatasi hambatan, dan untuk mengetahui alasan perlu dilaksanakannya pendampingan oleh PT SUCOFINDO dalam Kegiatan Komunikasi Pendampingan Terhadap UMKM Binaan. Metode penelitian yang dipilih oleh peneliti ialah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan studi kepustakaan. Program ini menggunakan rancangan pesan persuasif. Peran komunikator pada program ini sebagai pendamping yang membangun trust UMKM binaan. Hambatan pada program ini meliputi latar belakang pendidikan UMKM binaan. Program ini dibuat karena masalah di lapangan yaitu UMKM binaan masih menggunakan metode penjualan secara tradisional.

Published
2022-01-20