Hubungan antara Brand Image dengan Sikap Calon Konsumen

  • Putri Permatasari Fadillah Riyadi Ilmu Komunikasi - Public Relations
  • Riza Hernawati
Keywords: asosiasi merek, jasa kurir, sikap

Abstract

Abstract. J&T Express is a new expedition service but already has a positive brand image in the minds of consumers. This is evidenced by the number of awards given by J&T Express, such as the Top Brand Award 2020 and Indonesia Millenial's Top Brand Award 2020 which were obtained from the results of consumer surveys. In this case, brand image plays an important role in determining the attitudes of consumers and potential consumers. Because if a product or service has a positive brand image in the minds of consumers and potential consumers, it will create a tendency to choose or use the product or service. This study uses the Brand Image theory according to Keller (in Chalil, 2020: 91) which consists of three indicators, namely excellence, strength, and uniqueness and the attitude of prospective consumers using attitude theory according to (Damiati, 2017: 40) consists of three indicators, namely aspects of cognitive, affective, and conative. This research method uses correlational quantitative methods, which are used to examine the relationship between research variables. The population in this study was 1101 active students from the 2017-2019 Fikom Unisba, and a total sample of 110 respondents was obtained using a sampling technique, namely proportional stratified random sampling or balanced sampling. The results of this study are all indicators of Brand Image, namely the strength of brand associations, the benefits of brand associations, and the uniqueness of brand associations, which are related to all indicators of Attitude, namely cognitive, affective, and conative aspects. The brand image variable (X) has a very strong relationship with the attitude variable (Y) in using goods delivery services.

Abstrak. J&T Express merupakan jasa ekspedisi baru namun telah memiliki citra merek positif di benak konsumen. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya beberapa perolehan penghargaan yang diberikan kepada pihak J&T Express, seperti Top Brand Award 2020 dan Indonesia Millenial’s Top Brand Award 2020 yang didapatkan dari hasil survey konsumen. Dalam hal ini, citra merek sangat berperan penting dalam menentukan sikap konsumen maupun calon konsumen. Karena apabila suatu produk barang atau jasa yang memiliki citra merek yang positif dibenak konsumen maupun calon konsumen, maka akan menjadikan adanya kecenderungan dalam memilih atau menggunakan produk barang atau jasa tersebut. Penelitian ini menggunakan teori Brand Image menurut Keller (dalam Chalil, 2020:91) yang terdiri dari tiga indikator yaitu keunggulan, kekuatan, dan keunikan dan sikap calon konsumen menggunakan teori sikap menurut (Damiati, 2017:40) yang terdiri dari tiga indikator yaitu aspek kognitif, afektif, dan konatif.  Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional, yang digunakan untuk meneliti hubungan diantara variabel-variabel penelitian. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 1101 mahasiswa aktif Fikom Unisba Angkatan 2017-2019, dan telah diperoleh jumlah sampel sebanyak 110 responden dengan menggunakan teknik sampling yaitu proportionate stratified random sampling atau sampling berimbang. Hasil penelitian ini adalah semua indikator Brand Image yaitu kekuatan asosiasi merek, keuntungan asosiasi merek, dan keunikan asosiasi merek terdapat hubungan dengan semua indikator Sikap yaitu aspek kognitif, afektif, dan konatif. Variabel brand image (X) memiliki hubungan yang sangat kuat dengan variabel sikap (Y) dalam menggunakan jasa pengiriman barang.

Published
2022-01-20