Kegiatan Komunikasi Musisi Indie dalam Melakukan Tur Eropa

  • Mardhika Bagaskara Darmawan Universitas Islam Bandung
  • Riza Hernawati Public Relations Fakultas Ilmu Komunikasi
Keywords: Komunikasi, Musisi Indie, Tur Eropa

Abstract

Abstract. In the midst of the development of very sophisticated music and everything is only about business profits, there is a culture or genre that is often called indie where the people who work in it have different tastes from most people. Joe Million is an Indonesian indie musician who represents rap or hip-hop music with his own characteristics, at the end of 2019 Joe Million toured several cities in Europe with Indra Menus. This study focuses on "How the Communication Activities of Joe Million and Indra Menus to carry out the European Tour" using three data collection techniques, namely interviews, observation and documentation. The method used is qualitative with a case study approach from Robert E. Stake. The results of this study are 1) carrying out a communication process in the form of brainstorming, using promotion strategies in stages, starting from word of mouth, using promotional media through music concerts, and through social media, 2) Indra Menus' way of getting relationships is by becoming a gig organizer that made him interact with many people 3) the first obstacle is the difficulty of getting a visa, the second obstacle is the lack of promotion during the tour process 4) the concept of gig responsibility is used as a promotional medium because it has many audiences who come from the concept of a nomadic event

Abstrak. Ditengah perkembangan musik yang sangat canggih dan segalanya hanya tentang keuntungan bisnis terdapat sebuah budaya atau aliran yang sering disebut indie dimana orang orang yang berkecimpung di dalamnya ini memiliki selera berbeda dari kebanyakan orang. Joe Million adalah seorang musisi indie berkewaraganegaraan Indonesia yang merepresentasikan musik rap atau hip-hop dengan ciri khas nya sendiri, pada akhir tahun 2019 Joe Million melakukan Tur ke beberapa kota di Eropa dengan Indra Menus. Penelitian ini berfokus pada “Bagaimana Kegiatan Komunikasi Joe Million dan Indra Menus untuk melaksanakan Tur Eropa”menggunakan tiga Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi Metode yang digunakan adalah Kualitatif dengan pendekatan studi kasus dari Robert E. Stake. Hasil dari penelitian ini adalah 1) melakukan sebuah proses komunikasi berupa brainstorming, menggunakan strategi promosi secara bertahap, mulai dari word of mouth, menggunakan media promosi lewat konser musik, dan lewat media sosial, 2) cara Indra Menus dalam mendapatkan relasi adalah dengan cara menjadi organizer gig yang membuatnya berinteraksi dengan orang banyak 3) hambatan pertama adalah sulitnya mendapatkan visa, hambatan kedua adalah kurang nya promosi saat proses tur terjadi 4) konsep manggung tanggung dijadikan sebuah media promosi karena memiliki banyak audiens yang berasal dari konsep acara yang nomaden

Published
2022-01-20