Optimalisasi Cyber Public Relations pada Masa Pandemi

  • Anisa Fitri Maulida Hermawan Public Relations / Ilmu Komunikasi
  • Riza Hernawati
Keywords: Optimalisasi, Pandemi, Penjualan

Abstract

Abstract. The existence of Covid-19 has a negative impact on several industries, and hospitality industry is one of them. Swiss-belresort Dago Heritage is a hotel which is experience the decrease. However, the case can be solved until the company can make occupancy increase until get full booked. One of their strategy is optimizing Instagram to promote the hotel. This research use a qualitative method with case study approach. Data collection techniques were used by interview, observation, literature studies, and documentation. Based on this research, it can be concluded that: (1) Swiss-belresort Dago Heritage two ways to make content which is using User Generated Content from another content creator and using their material themselves, and they have criteria for their content which is showing a facility of hotel and Health Safety Hygene concept. (2) They always have a content plan for a month, so they using the content plan as a timeline for uploading a content on feeds, stories, IGTV, or another feature base on algoritma. (3) The reason why Swiss-belresort Dago Heritage use optimilizing Instagram as their strategies is Instagram still become a social media that demand by all ages and their visual content is the most engagement content. Also Instagram had a lot of positive impact not only for this promotion but also brand image and brand awareness. But still, they have a plan to using another media such as TikTok but they need to make it gradualy because there’s no person incharge right now. 

Abstrak. Keberadaan Covid-19 mengakibatkan pengaruh negatif pada beberapa industri, dan perhotelan adalah salah satunya. Swiss-belresort Dago Heritage merupakan salah satu hotel yang mengalami kasus penurunan. Namun kasus tersebut dapat diselesaikan saat hotel mulai mengalami kenaikan okupansi hingga mendapat status full booked. Salah satu strategi yang dijalankan pihak hotel yaitu dengan mengoptimalisasi Instagram sebagai media promosi mereka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, data dikumpulkan dengan mengadakan wawancara, observasi, studi kepustakaan, dan dokumenter. Hasilnya adalah: (1) Pihak hotel menggunakan dua cara untuk membuat konten yaitu menggunakan teknik User Generated Content dari content creator lain, dan menggunakan material sendiri. Mereka memiliki kriteria dalam sebuah konten, yaitu memperlihatkan fasilitas hotel dan memperlihatkan konsep Health Safety Hygene. (2) Untuk mengelola konten, pihak hotel telah menyiapkan content plant selama satu bulan sebagai timeline untuk mengunggah konten mereka baik di feeds, story, IGTV, maupun fitur lainnya sesuai dengan algoritma. (3) Alasan mengapa Swiss-belresort Dago Heritage melakukan optimalisasi pada Instagram mereka adalah Instagram masih menjadi media sosial yang diminati segala usia, selain itu konten visual mereka masih mendapatkan engagement yang tinggi. Instagram juga memberikan banyak dampak positif tidak hanya pada promosi, namun pada brand image dan juga brand awareness. Namun tetap mereka berniat untuk membuat media sosial lain seperti TikTok namun perlahan sebab disana tidak ada orang khusus yang bisa bertanggung jawab.

Published
2022-01-20