Strategi Marketing Public Relations Financial Planner dalam Menghadapi Krisis di Masa Pandemi

  • Sheila Angesti lativia 081321376392
  • Neni Yulianita
Keywords: Startegi, Krisis, Finansialku

Abstract

Abstract. The focus of this research is the Marketing Public Relations Strategy in the field of Financial Planning in dealing with the crisis during the covid-19 pandemic so that consumers experience an increase. The MPR strategy was carried out because Finansialku wanted to avoid a crisis that would occur during this covid-19 pandemic, so Finansialku tried to create a program to help the community manage and plan finances well in the midst of a pandemic so as to avoid a crisis. In the midst of the rise of financial planning companies in the midst of this pandemic, the role of Marketing Public Relations is very important here to provide information about services so that they can attract the attention of the public and the community feels they need these services. This Financial Smart Program is published on Instagram @finansialku through the Feed Feature. The purpose of this study was to determine the planning, Inhibiting Factors, and Supporting Factors of my Finansialku Marketing Public Relations strategy in Increasing Consumers in the Middle of a pandemic through the Financial Smart Program through the Instagram Feed Feature. This research uses a qualitative method with a case study approach. The result of this research is that the MPR Strategic Planning is carried out by analyzing, determining targets, executing and finally evaluating. The inhibiting factor for the MPR strategy in this program is that Finansialku does not know the feedback of followers when sharing the poster of the activity, seen from Instagram comments but can be overcome by re-posting it through stories. 08.00 – 17.00 on weekdays, so that people feel the response from the old Instagram admin. In addition, there are supporting factors, namely the financial theme that is taken to bring people interested because it discusses finance in the midst of a pandemic, how to publish programs through Instagram is another supporting factor because of the large number of followers from my financial Instagram, and another supporting factor is that MPR Finansialku is able to attract other media partners. in supporting this “Smart Finance” program. The reason Finansialku uses Instagram as a publication media is that Instagram is an effective means or medium of communication in the spread of communication and information during a pandemic. In its use it is not done just like that, if it is associated with the Marketing Public Relations Strategy, its use is to create continuity and consistency in marketing activities to achieve the expected goals and also to create marketing activities that are easy, fast, and two-way.

Abstrak. Fokus penelitian ini adalah Strategi Marketing Public Relations di bidang Perencanaan Keuangan dalam menghadapi krisis selama masa pandemic covid – 19 sehingga mengalami peningkatan konsumen. Strategi MPR dilakukan karena Finansialku ingin terhindar dari suatu krisis yang akan terjadi di masa pandemic covid – 19 ini, sehingga Finansialku mencoba membuat suatu  program untuk membantu masyarakat agar dapat mengelola dan merencanakan keuangan dengan baik di tengah pandemic sehingga terhindar dari krisis. Ditengah maraknya perusahaan perencanaan keuangan di tengah pandemic ini maka disini  peran Marketing Public Relations sangatlah penting untuk memberi informasi mengenai jasa sehingga dapat memikat perhatian masyarakat dan masyarakat pun merasa membutuhkan jasa tersebut. Program Cerdas Keuangan ini dipublikasi kan melalui Instagram @finansialku melalui Fitur Feed. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, Faktor Penghambat, dan Faktor Pendukung strategi Marketing Public Relations Finansialku dalam Meningkatkan Konsumen di Tengah pandemic melalui Program Cerdas Keuangan Melalui Fitur Feed Instagram. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Uji keabsahan data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah triangulasi data. Hasil dari penelitian ini adalah Perencanaan Strategi MPR yang dilakukan adalah menganalisis, menentukan target, eksekusi dan yang terakhir evaluasi. Faktor penghambat strategi MPR pada program ini adalah pihak Finansialku kurang mengetahui feedback followers ketika membagi poster kegiatan tersebut dilihat dari komen Instagram namun dapat diatasi dengan mem – posting ulang melalui story selain itu, faktor penghambat lainnya adalah adanya keluhan dari masyarakat akibat adanya jam operasional dari jam 08.00 – 17.00 pada hari kerja, sehingga masyarakat merasa respon dari admin Instagram lama. Selain itu, ada faktor pendukung yaitu tema keuangan yang diambil membawa masyarakat tertarik karena membahas tentang keuangan di tengah pandemic, cara mempublikasikan program melalui Instagram menjadi faktor pendukung lain karena banyaknya pengikut dari Instagram finansialku, dan faktor pendukung lainnya adalah MPR Finansialku mampu menarik media partner lain dalam mendukung program “Cerdas Keuangan” ini. Alasan Finansialku menggunakan Instagram sebagai media publikasi adalah instagram merupakan sarana atau media komunikasi yang efektif dalam persebaran komunikasi dan informasi di masa pandemi. Pada pemanfaatannya tidak dilakukan begitu saja, jika dikaitkan dengan Strategi Marketing Public Relations maka pemanfaatannya adalah untuk menimbulkan kontinuitas dan konsistensi di dalam kegiatan pemasaran untuk mencapai tujuan yang diharapkan dan juga untuk mencipatakan kegiatan pemasaran yang mudah, cepat, dan dua arah.

Published
2022-01-17