Strategi Komunikasi Kebencanaan Pemerintah Kabupaten Kuningan dalam Situs Kuningankab.Go.Id mengenai Pandemi Covid-19

  • Fairila Dwi Rachmauli Public Relations Fakultas Ilmu Komunikasi
  • Nova Yuliati
Keywords: strategi, komunikasi, komunikasi bencana

Abstract

Abstract. Cited from bnpd.go.id under the World Health Organization (WHO), which stated that disease caused by coronavirus is a pandemic categorized as a non-nature disaster. Kuningan District is one of the areas that affected after thousands of travelers came invasive this district. Until March 2021, it had been noted that there had been 998 people who were positive covid. Technology development makes it more accessible to convey information in-between as disaster mitigation to prevent covid-19 transmission. Website is one of the online media which Kuningan District’s government uses to optimize information spreading. This research title is “Disaster Communication Strategy Based on Digital Public Relations (Descriptive Study of Kuningan District’s government on kuningankab.go.id cite about covid-19 pandemic. This research aims to discover relations, reputation, and relevance constructed by Kuningan District’s government on kuningankab.go.id cites about covid-19 pandemic. The method used in this research is the descriptive quantitative method. Data was gained for this research from interviews, literature studies, and documents. The results obtained from this research are that Kuningan District’s government strategy in constructing relations, reputation, and relevance on kuningankab.go.id about covid-19 information is by using advertisement in the form of an invitation to obey the health’s protocol, providing access of citizens’ responses by official email, and cooperation and coordination. Then, information which is spread should be effective and efficient so the citizens can trust that. Last, the information stated should suit what the citizens need and the government’s target by several stages of the process. 

Abstrak. Dikutip dari bnpd.go.id sesuai pernyataan World Health Organization (WHO), menyatakan bahwa penyakit yang disebabkan oleh virus corona merupakan pandemi yang termasuk dalam kategori bencana nonalam. Kabupaten Kuningan adalah salah satu kawasan yang terkena dampak setelah ribuan pemudik berdatangan memasuki kabupaten ini. Hingga bulan Maret 2021, sudah tercatat sebanyak 998 orang yang dinyatakan positif. Perkembangan teknologi mempermudah dalam upaya untuk menyampaikan informasi, di antaranya sebagai mitigasi bencana agar mewaspadai penularan covid-19. Website merupakan salah satu media online yang digunakan oleh pemerintah Kabupaten Kuningan untuk mengoptimalkan penyebaran informasi. Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi Kebencanaan Berbasis Digital Public Relations (Studi Deskriptif Pemerintah Kabupaten Kuningan dalam situs kuningankab.go.id mengenai Pandemi Covid-19). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui relations, reputation, relevansi yang dibangun pemerintah Kabupaten Kuningan pada situs kuningankab.go.id mengenai pandemi Covid-19.  Metode yang digunakan penelitian ini yaitu metode kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data penelitian ini didapat melalui wawancara, studi pustaka, dan dokumen. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu bahwa strategi pemerintah Kabupaten Kuningan dalam membangun relations, reputation, dan relevance pada situs kuningankab.go.id mengenai informasi covid-19 melalui iklan berupa ajakan mematuhi protokol kesehatan, menyediakan akses tanggapan masyarakat melalui email resmi, dan kerjasama juga koordinasi. Lalu, informasi yang disebarkan harus efektif dan efisien agar dipercayai masyarakat dengan tampilan yang meyakinkan dan berbeda dari website media online lainnya. Dan terakhir, informasi yang disampaikan harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan target pemerintah dengan cara beberapa proses tahapan.

Published
2022-01-15