Strategi Corporate Social Responsibility (CSR) PT Tunas Ridean dalam Meningkatkan Brand Awareness Perusahaan

  • Ridwan Mukholil Ilmu komunikasi
  • riza hernawati Universitas Islam Bandung
Keywords: strategi, Corporate social Responsibility, kesadaran Merek

Abstract

Abstract. Currently, Indonesia has entered the era of technological development and global competition. The current era encourages companies to further expand their business areas and expand market segments. The company is a place of production activities both goods and services. The company is one of the driving wheels of the economy, this is because the company can absorb labor and maximize the utilization of its resources. In Indonesia, to establish and develop a company, there are certain conditions, one of which is regulations regarding corporate responsibility to the environment. The program that is generally implemented in a company in fulfilling its responsibility to the environment is the Corporate Social Responsibility (CSR) program. The object of this research is PT Tunas Ridean. The purpose of this study was to determine the CSR strategy carried out by PT Tunas Ridean. The research method used is quantitative with a descriptive approach. Data collection methods used are interviews and observation. The informants in this study were the Division of Customer Relations Officer (CRO) of PT Tunas Ridean Bandung Branch. The results of this study are first, PT Tunas Ridean's CSR strategy in taking advantage of by installing displays in every CSR activity. Second, PT Tunas Ridean's CSR strategy in implementing CSR program compliance, namely conducting CSR programs on a regular basis, in carrying out CSR activities PT Tunas Ridean is always based on the Company's vision and mission. Third, PT Tunas Ridean's CSR strategy in raising the company's name is by carrying out activities within the company's environment, indirectly by carrying out these activities the company can do promotions. Fourth, PT Tunas Ridean's CSR strategy in making ethical programs is by upholding business ethics and more adapting to the needs of the community and surrounding conditions. Fifth, the involvement of PT Tunas Ridean in the CSR program by collaborating with school agencies and the surrounding community.

Abstrak. Saat ini Indonesia telah memasuki era perkembangan teknologi dan persaingan global. Era saat ini mendorong perusahaan untuk semakin memperluas wilayah usahanya dan memperluas segmen pasar. Perusahaan merupakan tempat kegiatan produksi baik barang maupun jasa. Perusahaan merupakan salah satu roda penggerak perekonomian hal ini dikarenakan perusahaan dapat menyerap tenaga kerja serta memaksimalkan pemanfaatan sumber daya yang dimiliki. Di Indonesia untuk mendirikan dan mengembangkan sebuah perusahaan terdapat beberapa syarat tertentu salah satunya peraturan mengenai tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan. Program yang umumnya diterapkan disebuah perusahaan dalam memenuhi tanggung jawabnya terhadap lingkungan adalah program Corporate Social Responsibility (CSR). Objek dari penelitian ini yaitu PT Tunas Ridean. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi CSR yang dilakukan PT Tunas Ridean. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan observasi. Informan dalam penelitian ini adalah divisi Costumer Relation Officer (CRO) PT Tunas Ridean Cabang Bandung. Hasil penelitian ini adalah pertama, strategi CSR PT Tunas Ridean dalam mengambil keuntungan yaitu dengan memasang display – display disetiap kegiatan CSR. Kedua, Strategi CSR PT Tunas Ridean dalam melaksanakan ketaatan program CSR yaitu melakukan program CSR secara rutin, dalam menjalankan kegiatan CSR PT Tunas Ridean selalu berdasarkan Visi dan misi Perusahaan. Ketiga, strategi CSR PT Tunas Ridean dalam membesarkan nama perusahaan yaitu dengan melakukan kegiatan – kegiatan dilingkungan perusahaan, secara tidak langsung dengan dilakukan kegiatan tersebut perusahaan bisa melakukan promosi. Keempat, strategi CSR PT Tunas Ridean dalam membuat program yang etis yaitu dengan menjungjung tinggi etika bisnis dan lebih menyesuaikan terhadap kebutuhan masyarakat dan kondisi sekitar. Kelima, keterlibatan PT Tunas Ridean dalam program CSR yaitu dengan melakukan kerjasama dengan instansi sekolah dan masyarakat sekitar.

Published
2022-01-15