Aktivitas Media Monitoring Bidang Humas Badan Pengelola Keuangan Haji Republik Indonesia

  • Raihan Falah 10080016108
  • Erik Setiawan Fakultas Ilmu Komunikasi
Keywords: Media Monitoring, Public Relations, Badan Pengelola Keuangan Haji Republik Indoneisa (BPKHRI)

Abstract

Abstract. Media online monitoring aims to analyze the does not reflect the objective facts or news hoax about bpkh hopefully with a monitoring to prevent negative news in the citizens as people. readers Media monitoring done by public relations BPKH control media news online that contain the truth about the funds in Indonesia. Here is the role of public relations BPKH try to create media monitoring hoping to confirm information news of the incorrect can create bad for BPKH image. The purpose of research to know: 1) process of the activity of the media monitoring financial management by the republic of indonesia, haji way 2) financial management board haji republic of indonesia in analyzing isu-isu news at, online media and 3) monitoring process if there is a clerical error in the news that is out there. This research in a qualitative approach descriptive. Study could apply Data mining techniques such as using interviews, observation documentation and the study of literature available. This research has the main subject three employees financial management board haji republic of indonesia. The theory used two way asymmetric, two directions and social construction (Berger). Drawing conclusions: The media monitoring conducted the BPKH state monitoring by means of false news, hoax, negative, monitoring positive news. A BPKH state to analyse issue news at the online media, analyzing the keyword and read the manual, memfilter online in the news media, the positive and negative news map. The process of monitoring when there was a mistake of writing in the news that has spread by means of clarifying the story is not true, counter online media who created the hoax , exercising the right answer in online media . 

Abstrak. Media monitoring online bertujuan untuk menganalisis pemberitaan yang tidak sesuai fakta objektif, atau berita hoax tentang BPKH sehingga dengan adanya monitoring dapat mencegah berita yang negatif di mata masyarakat sebagai khalayak pembacanya. Media monitoring yang dilakukan oleh public relations BPKH mengontrol pemberitaan media online yang memuat isu yang tidak benar seputar dana haji di Indonesia. Disini lah peran public relations BPKH berusaha menciptakan media monitoring dengan harapan dapat membenarkan informasi berita dari isu yang tidak benar yang dapat menciptakan citra buruk bagi BPKH.  Tujuan penelitian untuk mengetahui: 1) Proses aktivitas media monitoring yang dilakukan Badan Pengelola Keuangan Haji Republik Indonesia, 2) Cara Badan Pengelola Keuangan Haji Republik Indonesia dalam menganalisis isu-isu berita pada media online, dan 3) Proses monitoring apabila ada kesalahan penulisan dalam berita yang sudah tersebar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang mengaplikasikan pendekatan studi deskriptif. Teknik pengambilan data berupa menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan studi kepustakaan. Penelitian ini memiliki subjek utama tiga karyawan Badan Pengelola Keuangan Haji Republik Indonesia. Teori yang digunakan two way asymmetric (asimetris dua arah), dan kontruksi sosial (Berger). Hasil : Proses aktivitas media monitoring yang dilakukan Badan Pengelola Keuangan Haji Republik Indonesia dengan cara monitoring berita palsu, hoax, negatif, monitoring berita positif. Cara Badan Pengelola Keuangan Haji Republik Indonesia dalam menganalisis isu-isu berita pada media online yaitu, menganalisis isi keyword dan membaca manual, memfilter isi berita media online, memetakan isi berita positif dan negative. Proses monitoring apabila ada kesalahan penulisan dalam berita yang sudah tersebar dengan cara mengklarifikasi berita yang tidak benar, counter media online yang menciptakan berita hoax, menggunakan Hak Jawab pada media online.

Published
2022-01-15