Hubungan Antara Kampanye Diet Plastik Oleh ‘Gerakan Indonesia’ dengan Awareness Pedagang

Studi Korelasional Kampanye Diet Kantong Plastik oleh ‘Gerakan Indonesia’ Terhadap Awareness Pedagang dalam Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik di Pasar Cihapit Bandung

  • Rafly Zainal Fakultas Ilmu Komunikasi Public Relations
  • Ani Yuningsih
Keywords: sampah plastik, kampanye, awareness

Abstract

Abstract The Indonesian Plastic Bag Diet Movement created a campaign program by inviting the public to reduce the excessive use of plastic bags. This study was conducted to determine the relationship between the Indonesian Plastic Bag Diet Movement campaign and the awareness of traders at Cihapit Market. The theory used is the campaign theory by Rogers and Storeys. The campaign elements are seen from the actor aspect, message aspect, and campaign channel aspect. The method used is the correlational method, by collecting field data through distributing questionnaires reviewed by interviews. The sample in this study were traders who were in Cihapit Market, Bandung, with the determination of the sample using random sampling. In this study, data collection techniques were collected through a questionnaire of 61 respondents from traders at Cihapit Market. The data processing technique uses Pearson's product moment and Cronbach's alpha methods. Followed by analyzing the data obtained through the Pearson correlation test to test the general hypothesis and sub hypotheses, as well as to prove the relationship between campaigns and merchant awareness. Data that has met the test, and obtained a value of 0.368 and a sig value of 0.003, thus there is a low relationship between campaign elements (X) and merchant awareness (Y).

Abstrak Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik membuat program kampanye dengan mengajak masyarakat untuk mengurangi penggunaan kantong plastik yang berlebihan. Penelitian ini dilakukan guna untuk mengetahui adanya hubungan antara kampanye Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik dengan Awareness pedagang di Pasar Cihapit. Teori yang digunakan adalah teori kampanye oleh Rogers dan Storeys. Elemen kampanye dilihat dari aspek pelaku, aspek pesan, dan aspek saluran kampanye. Metode yang digunakan adalah metode korelasional, dengan melakukan pengumpulan data lapangan melalui penyebaran kuesioner ditinjau dengan wawancara. Sampel dalam penelitian ini adalah Pedagang yang berada di Pasar Cihapit, Bandung, dengan penentuan sampel adalah menggunakan random sampling. Pada penelitian ini, teknik pengumpulan data dikumpulkan melalui kuesioner 61 responden dari pedagang di Pasar Cihapit. Teknik pengolahan data menggunakan metode product moment pearson dan cronbach’s alpha. Dilanjutkan dengan menganalisis data yang diperoleh melalui uji korelasi Pearson untuk menguji hipotesis umum dan sub hipotesis, serta untuk membuktikan hubungan antara kampanye dengan awareness pedagang. Data yang telah memenuhi uji, dan memperoleh nilai 0,368 dan nilai sig 0,003, dengan demikian terdapat hubungan yang rendah antara Elemen kampanye (X) dengan kesadaran pedagang (Y).   

Published
2022-01-21