Strategi Komunikasi Persuasif dalam Menarik Publik untuk Menjadi Affiliate

  • Dinda Anissa Ulfah Public Relation, Fakultas Ilmu Komunikasi
Keywords: Strategi Komunikasi, Komunikasi Persuasif, Komunikasi Bisnis

Abstract

Abstrak. Kegiatan berwirausaha saat ini merupakan bidang yang sangat diminati, namun masih ada beberapa calon wirausahawan merasa ragu untuk menghadapi dunia bisnis. Dari keraguan ini, Komunitas Millennial Anti Bokek (MAB) muncul untuk menjadi solusi kepada publik untuk berwirausaha. Dengan memanfaatkan media sosial komunitas berusaha untuk meyakinkan dan menarik publiknya agar menjadi anggota komunitas untuk mempengaruhi sikap dan perilaku secara persuasif. Komunikasi persuasif yang dilakukan tentu membutuhkan strategi yang tepat agar sesuai dengan tujuan dilakukannya komunikasi persuasif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan pesan, teknik komunikasi persuasif, cara melakukan komunikasi persuasif, dan alasan Pimpinan Komunitas MAB memilih media sosial sebagai media untuk mempersuasif. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, studi kepustakaan dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu Komunitas MAB melakukan beberapa tahap pengelolaan pesan salah satunya dimulai dari brainstorming, pelaksanaan perencanaan, hingga evaluasi. Melakukan sepuluh teknik komunikasi persuasif yang telah disesuaikan dengan target pesan. Melakukan persuasif dengan membangun kredibilitas yang baik. Memilih Instagram dan Youtube sebagai media karena merupakan media yang mudah dipahami, memiliki banyak pengguna aktif, tidak membutuhkan biaya yang besar, dan memiliki fitur yang sesuai dengan kebutuhan komunitas.

Abstrack. Entrepreneurship is currently a very attractive field, but there are still some aspiring entrepreneurs who are hesitant to face the business world. From this doubt, the Anti Bokek Millennial Community (MAB) emerged to be a solution for the public for entrepreneurship. By utilizing social media, the community tries to convince and attract the public to become members of the community to influence attitudes and behavior in a persuasive manner. Persuasive communication that is carried out certainly requires the right strategy to fit the purpose of doing persuasive communication. This study aims to determine message management, persuasive communication techniques, how to carry out persuasive communication, and the reasons why MAB Community Leaders choose social media as a medium to be persuasive. The research method used is a qualitative method with a case study approach. Data collection techniques through interviews, observation, literature study and documentation. The result of this research is that the MAB Community carries out several stages of message management, one of which starts from brainstorming, planning implementation, to evaluation. Perform ten persuasive communication techniques that have been adapted to the target message. Be persuasive by building good credibility. Choose Instagram and Youtube as media because they are easy to understand media, have many active users, don't cost a lot, and have features that suit the needs of the community.

Published
2022-01-21