Strategi Humas dalam Menjadi Citra Rumah Sakit

  • Hafizhan Viyandika Public Relations Fakultas Ilmu Komunikasi
  • Tresna Wiwitan
Keywords: Strategi, Humas, Citra

Abstract

Abstract. In the digital era, organizations take advantage of developments in communication technology, and are required to continue to make improvements, even organizations continue to update new strategies in dealing with society or the public, both government and private organizations. This needs to be done so that the agency or company can obtain a good image or view in front of the wider community, so that the expected goals can be achieved properly in accordance with expectations. This study aims to find out what strategy the Public Relations of Pakuwon Hospital Sumedang Regency does in maintaining the image, the method used in this research is quantitative with descriptive qualitative data studies. The results of this study are the public relations strategy carried out by Pakuwon Hospital, Sumedang Regency in maintaining the image is to do Fact finding (Finding data and facts), in this case the hospital's public relations party accommodates input, criticism, and suggestions submitted by the community, both the surrounding community and patients who perform treatment at Pakuwon Hospital, Sumedang Regency. Planning (Planning), the planning carried out by Pakuwon Hospital by implementing a strategy to improve health services by creating programs or disseminating health information on social media, The programs held are blood donation, social services, medical check-ups, Public Relations as a mediator for patients who died due to Covid-19, and Live Instagram as a means of providing material and information about health. Action and Communication (Follow-Up and Communication), follow-up and communication of every program made by the hospital so that information is conveyed properly to the community, the Public Relations department is always actively providing information about health on social media either through the hospital website, Instagram, Facebook or in collaboration with the press as well as regional radio. Evaluation (Evaluation), the evaluation carried out always communicates and coordinates with all parties, both staff and patients, with the hospital management, so that if problems are found, they can be responded to quickly and immediately carry out problem solving with the best solution for all parties

Abstrak. Di era digital organisasi memanfaatkan perkembangan teknologi komunikasi, dan dituntut untuk terus melakukan perbaikan, bahkan organisasi terus memperbarui strategi baru dalam menghadapi masyarakat atau public, baik organisasi pemerintah maupun swasta. Hal ini perlu dilakukan agar instansi atau perusahaan dapat memperoleh image atau pandangan baik di hadapan masyarakat luas, sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai dengan baik sesuai dengan harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa yang dilakukan Humas Rumah Sakit Pakuwon Kabupaten Sumedang dalam menjaga citra, metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan studi deskriptif data kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah strategi humas yang dilakukan pihak Rumah Sakit Pakuwon Kabupaten Sumedang dalam menjaga citra adalah dengan melakukan Fact finding (penemuan data dan fakta), dalam hal ini pihak humas rumah sakit menampung masukan, kritik, dan saran yang disampaikan oleh masyarakat baik masyarakat sekitar maupun pasien yang melakukan pengobatan di Rumah Sakit Pakuwon Kabupaten Sumedang. Planning (Perencanaan), perencanaan yang dilakukan Rumah Sakit Pakuwon dengan menjalankan strategi meningkatkan pelayanan kesehatan dengan membuat program atau menyebarkan informasi kesehatan di media sosial, program yang diselenggarakan yaitu donor darah, bakti sosial, medical check-up, Humas menjadi mediator bagi pasien yang meninggal karena Covid-19, dan Live Instgram sebagai sarana memberikan materi dan informasi mengenai kesehatan. Action and Communication (Tindak Lanjut dan Komunikasi), tindak lanjut dan komunikasi dari setiap program yang dibuat oleh pihak rumah sakit agar informasi tersampainya dengan baik kepada masyarakat maka bagian Humas secara aktif selalu memberikan informasi seputar kesehatan di media sosial baik melalui website rumah sakit, Instagram, Facebook atau bekerjasama dengan pers juga radio daerah. Evaluation (Evaluasi), evaluasi yang dilakukan selalu berkomunikasi dan berkoordinasi dengan semua pihak baik itu staff maupun pasien, dengan pihak manajemen rumah sakit, sehinga apabila masalah ditemukan, dapat segera ditanggapi secara cepat dan segera melakukan penyelesaian masalah dengan solusi yang terbaik bagi setiap pihak.

Published
2022-01-20