Strategi Marketing Public Relations Burger King Indonesia dalam Meningkatkan Brand Awareness

  • Aditya Dharmawan Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi
  • Ani Yuningsih Universitas Islam Bandung
Keywords: Re Branding, Brand Awareness, Marketing Public Relations

Abstract

Abstract. At this time, many fast-food restaurants are developing in Indonesia, where they have their respective advantages. One of them is Burger King. Burger King is a fast-food restaurant that offers hot and fresh food products with delicious food tastes. With the intense competition between fast-food restaurants, Burger King is not one of the fast-food restaurants in Indonesia. The number of fast-food restaurants in Indonesia has become an increasingly fierce competition with the higher level of maturity of a product. Sometimes a company needs to rebrand. This study uses a qualitative method with the approach carried out by using a case study approach. The purpose of this research is that the first to know the Rebranding Concept carried out by Burger King, the second to find out steps taken by Burger King's Management in doing Rebranding, and the third to find out the reason for Burger King to rebrand using the old logo. Informants in this study were Burger King Indonesia's Brand Manager, Social Media Executive, and Burger King Indonesia's consumers. The results of this study are in the concept carried out by management in carrying out this rebranding, there are three points, namely brand identity, conformity with the philosophy of commitment, and healthy life. The steps taken in this rebranding are five stages, namely holding a board meeting, determine the target audience, target time, campaign, and use of media. The reason Burger King uses the old logo is to maintain authenticity and respect heritage. Efforts to increase brand awareness were carried out by Burger King through the implementation model of the Marketing Public Relations strategy. It carried with campaigns and use of social media owned by Burger King.

Abstrak. Pada saat ini maraknya  restoran cepat saji yang berkembang di Indonesia yang dimana mereka memiliki keunggulannya masing-masing. Salah satunya adalah Burger King, Burger King merupakan restoran fastfood yang menawarkan produk santapan yang panas dan segar dengan cita rasa santapan yang lezat. Dengan ketatnya persaingan antar restoran kilat saji, Burger King ini tidaklah salah satunya restoran fastfood di Indonesia. Banyaknya restoran cepat saji di Indonesia tentunya  menjadi sebuah persaingan yang semakin ketat seiring dengan semakin tingginya juga tingkat kedewasaan suatu produk yang terkadang suatu perusahaan perlu untuk melakukan rebranding. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus. Tujuan adanya penelitian ini yaitu yang pertama mengetahui Konsep Rebranding yang dilakukan oleh Burger King, yang kedua mengetahui langkah-langkah yang dilakukan Management Burger King dalam melakukan Rebranding, dan yang ketiga mengetahui alasan Burger King melakukan Rebranding menggunakan logo lama. Informan pada penelitian ini adalah Brand Manager Burger King Indonesia, Sosial Media Executive dan para konsumen Burger King Indonesia. Hasil dari penelitian ini yaitu dalam konsep yang dilakukan management dalam melakukan rebranding ini yaitu ada tiga poin, yaitu brand identity, kesesuaian dengan filosofi pada komitmen, dan healthy life sedangkan langkah yang dilakukan dalam rebranding ini yaitu ada lima tahapan yang dilakukan, yaitu mengadakan board meeting,  menentukan target audience, target waktu, campaign, dan penggunaan media. Adapun alasan Burger King menggunakan logo lama yaitu mempertahankan keaslian dan menghargai heritage. Upaya peningkatan brand awareness yang dilakukan oleh Burger King melalui model implementasi strategi Marketing Public Relations ini dilakukan dengan campaign dan pemanfaatan media social yang dimiliki oleh Burger King.

Published
2022-01-20