Strategi Promosi melalui Instagram Donat Bahagia dengan Memanfaatkan Fitur Reels

  • Mutia Aprillia Public Relations
  • Maya Amalia Oesman Public Relations
Keywords: promosi, Instagram, Reels

Abstract

Abstract. The term promotion is very familiar to business people. When an epidemic phenomenon like this occurs, business actors show their creativity, namely by using promotions with internet media. An online platform that makes it easy for business actors to sell their products on an online site, namely Instagram. One of these online platforms provides the reels feature. Covid 19 made the Happy Donut business experience a decline in sales. For this reason, Happy Donuts need to make promotional breakthroughs in order to survive in a situation like this. Happy Donat takes advantage of the reels feature so that it can inform many people who use the Instagram application. The purpose of this research is to find out how the planning, implementation and obstacles through promotional strategies on Instagram reels are. The theory used in this study is three ways, namely pull, push, and pass. This research was structured using a qualitative method with a case study approach. While the data collection techniques were carried out by means of interviews, observations, documentation, literature studies and documentation. The results of this study found that in carrying out promotions through Instagram reels, several points were explained, namely content creation planning, talent selection, place selection and in its implementation, namely interaction with followers and selecting captions and showtimes for uploading video reels. This is optimized by using the Instagram application by utilizing existing features, namely the reels feature. The obstacles and how Donat Bahagia overcomes them and evaluates in carrying out the promotion of Happy Donuts on Instagram reels to introduce this product to Instagram users.

Abstrak. Istilah promosi sangat tidak asing terdengar oleh para pelaku usaha. Saat sedang terjadi fenomena wabah seperti ini pelaku usaha menunjukkan kreatifitasnya yaitu dengan pemanfaatan promosi dengan media internet. Platform daring yang memudahkan pelaku usaha untuk menjajakan produknya di situs online yaitu Instagram. Platform daring ini salah satunya menyediakan fitur reels. Covid 19 membuat usaha Donat Bahagia mengalami penurunan penjualan. Untuk itu Donat Bahagia  perlu melakukan gebrakan promosi  agar dapat bertahan pada situasi seperti ini. Donat Bahagia memanfaatkan fitur reels agar dapat menginformasikan produknya ke banyak orang yang menggunakan aplikasi Instagram. Tujuan adanya penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan hambatan melalui strategi promosi di Instagram reels ini. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Three ways yaitu pull, push, dan pass. Penelitian ini disusun menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengana wawancara, observasi, dokumentasi, studi pustaka dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa dalam melaksanakan promosi melalui Instagram reels tersebut beberapa poin dijelaskan yaitu perencanaan pembuatan konten, pemilihan talent, pemilihan tempat dan pada pelaksanaan nya yaitu dilakukan interaksi dengan followers serta pemilihan caption dan jam tayang untuk mengunggah video reels. Hal tersebut dipotimalkan dengan menggunakan aplikasi Instagram dengan memanfaatkan fitur yang ada yaitu fitur reels. Adapun hambatan dan bagaimana Donat Bahagia menanggulanginya dan evaluasi dalam melaksanakan promosi Donat Bahagia di Instagram reels untuk memperkenalkan produk ini kepada pengguna Instagram.

Published
2022-01-24