Peran Public Relations PT. Pos Indonesia dalam Memantau Opini Publik

  • Deskia Putri Harahap Prodi Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi
  • Maman Chatamallah
Keywords: Public Relations, Media Monitoring, Opini Publik

Abstract

Abtract. Every company cannot be separated from the role of public relations which is one very important element in the company structure. This makes the Public Relations PT. X conducts media monitoring activities to control news information about PT. X in monitoring public opinion coupled with the very rapid growth of technology has an effect on communication and the way in which information is disseminated. The purpose of this media monitoring activity is to find out the process of analyzing the monitoring media activities of PT. X in monitoring public opinion, the tools used by public relations PT. X in carrying out media monitoring activities, and knowing the role of public relations PT. X in utilizing media monitoring activities. The method used is qualitative research with a descriptive approach. Data collection techniques were carried out through the stages of interview, observation, and documentation. The results of this study indicate that media monitoring activities carried out in monitoring public opinion can provide an overview of public opinion perceptions of the company and can find out what are the shortcomings or obstacles that occur in the news about the company PT. Indonesian post. So that public relations practitioners PT. X in this monitoring media can be seen how the news or issues that are developing in the community and make public relations practitioners PT. X can determine the strategies and policies that will be implemented in the future.

Abstrak. Setiap perusahaan tidak lepas dari peranan public relations yang merupakan salah satu unsur yang sangat penting dalam struktur perusahaan. Hal ini membuat pihak Public Relations PT. X melakukan aktivitas media monitoring guna mengendalikan informasi pemberitaan mengenai PT. X dalam memantau opini publik ditambah dengan pertumbuhan teknologi yang sangat pesat berpengaruh pada komunikasi dan cara penyebaran informasi. Tujuan pelaksanaan aktivitas media monitoring ini bertujuan untuk mengetahui proses analisis aktivitas media monitoring PT. X dalam memantau opini public, tools yang digunakan public relations PT. X dalam melakukan aktivitas media monitoring, dan mengetahui peran public relations PT. X dalam memanfaatkan aktivitas media monitoring. Metode yang digunakan adalah penelitian Kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tahap wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan media monitoring yang dilakukan dalam memantau opini publik dapat memberikan gambaran persepsi opini publik terhadap perusahaan dan dapat mengetahui apa saja kekurangan atau hambatan yang terjadi pada pemberitaan mengenai perusahaan PT. X. Sehingga praktisi public relations PT. X pada media monitoring ini dapat diketahui bagaimana pemberitaan atau isu yang sedang berkembang di kalangan masyarakat dan membuat praktisi public relations PT. X dapat menentukan strategi dan kebijakan-kebijakan yang akan dilaksanakan untuk selanjutnya.

Published
2022-01-20