Perancangan Strategi Pemasaran Menggunakan Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) dan Business Model Canvas (BMC) di CV Omah Keramik

  • Rido Syahlepi Teknik Industri, Fakultas Teknik Universitas Islam Bandung
  • Nugraha Teknik Industri, Fakultas Teknik Universitas Islam Bandung
Keywords: Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Bisnis Model Kanvas

Abstract

Abstract. CV Omah Keramik is one of the SMEs engaged in the clay raw material processing sector, this company produces several types of products including ashtrays, jars, flower vases, flower pots, decorative plates, glass mugs. The problems that occur in CV. Omah Keramik, namely the decline in sales since the pandemic in 2019 which has affected the company's income, so a strategy is needed to deal with the post-pandemic situation and the problems that are currently happening. The purpose of this research is to identify the company's potential as well as design and develop marketing strategies to increase sales of the products offered. The research method is using SWOT analysis (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) and also the Business Model Canvas (BMC). The results showed that the SWOT analysis that had been carried out by CV. Omah Keramik is in quadrant I based on the results of the IFE (internal factor evaluation) matrix, the result is 2.83 and the EFE (external factor evaluation) is 2.74, which means that it requires an aggressive strategy from all existing media to carry out marketing. Then the results of identification of internal and external factors are in Cell V which requires CV. Omah Keramik maintains and maintains business through product development and market penetration through the use of various media, both online and in person. So it can be concluded that CV. Omah Keramik has the potential to implement marketing strategies through identification results with SWOT Analysis and also BMC, both of which have links to help CV. Omah Keramik implements the right marketing strategy.

Keywords: Marketing Strategy, SWOT Analysis, Business Model Canvas.

Abstrak. CV Omah Keramik merupakan salah satu UMKM yang bergerak dalam sektor pengolahan bahan baku tanah liat, perusahaan ini memproduksi beberapa jenis produk diantaranya asbak, guci, vas bunga, pot bunga, piring hias, gelas mug. Permasalahan yang terjadi di CV. Omah Keramik yaitu menurunnya penjualan semenjak adanya pandemi ditahun 2019 yang berpengaruh pada pendapatan perusahaan, sehingga dibutuhkan strategi untuk menghadapi situasi pasca pandemi dan permasalahan yang sedang terjadi saat ini. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi potensi perusahaan serta merancang dan mengembangkan strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan produk yang ditawarkan. Metode penelitian yaitu menggunakan Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) dan juga Business Model Canvas (BMC). Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis SWOT yang telah dilakukan CV. Omah Keramik berada di kuadran I berdasarkan hasil dari matriks IFE (internal factor evaluation) didapat hasil yaitu 2,83 dan EFE (eksternal factor evaluation) didapat hasil yaitu 2,74 yang berarti membutuhkan strategi agresif dari segala media yang ada untuk melakukan pemasaran. Kemudian hasil identifikasi faktor internal dan eksternal berada pada Sel V yang mengharuskan CV. Omah Keramik menjaga dan mempertahankan usaha melalui pengembangan produk dan penetrasi pasar melalui pemanfaatan berbagai media baik online maupun langsung. Sehingga dapat disimpulkan CV. Omah Keramik memiliki potensi untuk penerapan strategi pemasaran melalui hasil identifikasi denganĀ  Analisis SWOT dan juga BMC, yang keduanya memiliki keterkaitan untuk membantu CV. Omah Keramik menerapkan strategi pemasaran yang tepat.

Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Bisnis Model Kanvas.

Published
2023-01-30