Perencanaan Pengembangan Pariwisata Kuliner Puncak Parabon dengan Menerapkan Partial Least Squares Structural Equation Modeling

  • Desty Paramudita Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik Universitas Islam Bandung
  • Luthfi Nurwandi Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik Universitas Islam Bandung
  • Hirawati Oemar Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik Universitas Islam Bandung
Keywords: Pariwisata Kuliner, Marketing Mix, Partial Least Squares Structural Equation Modeling

Abstract

Abstract. Puncak Parabon Coffee Tourism is a culinary tourism place that opened in 2019 during the pandemic. The problem with this tourist spot is that information about the existence of this tour is still limited, so it is only known by the people of Samarang-Garut, and the number of tourist visitors is still below the expected number of tourist targets. This study aims to determine the model to be used, the influential variables, and the priority of the development strategy of Puncak Parabon Culinary Tourism by using the Marketing Mix Strategy of Product. The sample used as many as 40 respondents of tourists who had visited Puncak Parabon Tourism. The method used is Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS SEM) to test the fit of the model, test the effect and test the correlation.

Keywords: Culinary Tourism, Partial Least Squares Structural Equation Modeling, Importance Performance Map Analysis.

Abstrak. Pariwisata Kopi Puncak Parabon merupakan suatu tempat wisata kuliner yang dibuka pada tahun 2019 pada saat pandemi. Permasalahan pada tempat wisata ini adalah informasi mengenai keberadaan wisata ini masih terbatas sehingga hanya dikenal oleh masyarakat Samarang-Garut, serta jumlah pengunjung wisatawan masih dibawah dari jumlah target wisatawan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan model yang akan digunakan, variabel yang berpengaruh dan prioritas strategi pengembangan Pariwisata Kuliner Puncak Parabon dengan menggunakan Strategi Bauran Pemasaran Produk. Sampel yang digunakan sebanyak 40 responden wisatawan yang pernah berkunjung ke Pariwisata Puncak Parabon. Metode yang digunakan adalah Partial Least Square Structural Equation Modelling (PLS SEM) untuk menguji kecocokan model, melakukan uji pengaruh dan melakukan uji korelasi.

 

Kata Kunci: Pariwisata Kuliner, Marketing Mix, Partial Least Squares Structural Equation Modeling.

Published
2023-01-28