Usulan Perbaikan Sistem Pengukuran Kinerja Menggunakan Metode Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence di PT.X

  • Lufthy Bonita Fakultas Teknik, Teknik Industri Universitas Islam Bandung
  • Aviasti Anwar Fakultas Teknik, Teknik Industri Universitas Islam Bandung
  • Dewi Shofi Mulyati Fakultas Teknik, Teknik Industri Universitas Islam Bandung
Keywords: kinerja, jasa logistik, malcolm baldrige

Abstract

Abstract PT. X is an industry engaged in logistics services or expeditions through
land transportation. Based on observations that have been made by researchers, PT.
X has seen a decline in revenue over the past four years. In addition, employees of
PT. X is less motivated at work which eventually employees resign. One of the efforts
that can be made to boost revenue again and evaluate all stakeholders involved
internally can be done by measuring the company's performance. Therefore, the
purpose of this study is to determine performance factors, map company-level
positions and propose improvements to criteria that have low scores using the
Malcolm Baldrige method. Malcolm Baldride's method has seven criteria to look at
the percentage level of achievement on each criterion and is evaluated based on the
dimensions of the process and results and then analyzed to find out the factors that
are the root cause of the problem. The results of research that has been carried out
show that the performance level of PT. X based on MBCfPE obtained a total score of
538.58 or 54% based on employee responses and 95.57 or 60% based on leadership
responses from a maximum score of 1000. These results show that the position or
level of performance of PT.X is in the title of Emerging Industry Leader (New
Business Leader) with an average level category which shows that the achievement
of performance results needs to be continuously improved and developed from the
performance that has been carried out, in order to achieve the quality of service
expected by customers.

Abstrak. PT. X merupakan sebuah industri yang bergerak dalam bidang jasa logistik
atau ekspedisi melalui transportasi darat. Berdasarkan observasi yang sudah
dilakukan oleh peneliti, PT. X mengalami penurunan pendapatan selama empat tahun
terakhir. Selain itu, karyawan PT.X kurang termotivasi dalam bekerja yang akhirnya
karyawan melakukan resign. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk
mendongkrak kembali pendapatan dan mengevaluasi seluruh stakeholder yang
terlibat di internal dapat dilakukan dengan melakukan pengukuran kinerja
perusahaan. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor
kinerja, memetakan posisi level perusahaan dan memberi usulan perbaikan kepada
kriteria yang memiliki nilai rendah menggunakan metode Malcolm Baldrige. Metode
Malcolm Baldride memiliki tujuh kriteria untuk melihat tingkat persentase
pencapaian pada setiap kriteria dan dievaluasi berdasarkan dimensi proses dan hasil
lalu dianalisis untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi akar penyebab masalah.
Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa level kinerja PT.X
berdasarkan MBCfPE diperoleh total score 538,58 atau 54% berdasarkan tanggapan
karyawan dan 95,57 atau 60% berdasarkan tanggapan pimpinan dari skor maksimal
1000. Hasil tersebut menunjukan bahwa posisi atau level kinerja PT.X berada pada
predikat Emerging Industry Leader (Pemimpin Bisnis Baru) dengan kategori level
average yang menunjukan bahwa pencapaian hasil-hasil kinerja perlu terus
ditingkatkan serta dikembangkan dari kinerja yang telah dilakukan, guna mencapai
kualitas pelayanan yang diharapkan oleh pelanggan.

Published
2023-01-25