Komunikasi Pemasaran Digital Produk Skincare Scarlett Whitening dengan Brand Ambassador EXO

  • Safrina Suryaningsih Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau
  • Ayu Ningtias Magister Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Riau
Keywords: Strategi Komunikasi, Pemasaran Digital, Scarlett Whitening,Brand

Abstract

Abstract. Digital marketing communication has become an important aspect in the skincare industry, especially in the ever-evolving digital era. This abstract presents an analysis of the use of digital marketing communication strategies of Scarlett Whitening products in the promotion and increase in sales of skincare products. This study identifies and evaluates the various digital marketing communication methods and tools used by Scarlett Whitening skincare company in facing challenges and capitalizing on opportunities in a competitive market. The study involves data collection from primary and secondary sources, including literature reviews and industry reports. The results show that Scarlett Whitening's effective digital marketing communication strategies include the use of social media, content marketing, influencer marketing, search engine optimization, and online purchasing strategies.

Abstrak. Komunikasi pemasaran digital telah menjadi aspek penting dalam industri produk perawatan kulit, terutama dalam era digital yang terus berkembang. Abstrak ini menyajikan analisis mengenai penggunaan strategi komunikasi pemasaran digital produk Scarlett Whitening dalam promosi dan peningkatan penjualan produk skincare. Penelitian ini mengidentifikasi dan mengevaluasi berbagai metode dan alat komunikasi pemasaran digital yang digunakan oleh perusahaan skincare Scarlett Whitening dalam menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang di pasar yang kompetitif. Studi ini melibatkan pengumpulan data dari sumber-sumber primer dan sekunder, termasuk tinjauan literatur dan laporan industri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran digital Scarlett Whitening yang efektif mencakup penggunaan media sosial, konten pemasaran, influencer marketing, optimisasi mesin pencari, dan strategi pembelian online.

References

[1] Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. (2016). A framework for marketing management, sixth edition, global edition. New York City: Pearson Education;
[2] Kertamukti, Rama. (2015). Strategi kreatif dalam periklanan: konsep, media, branding, anggaran. Jakarta: Rajagrafindo;
[3] Andrews, J.C., & Shimp, T. (2017). Advertising, Promotion, & Other Aspects of Integrated Marketing Communication. Boston: Cengage Learning;
[4] Royan, F. M. (2016). Marketing Celebrities. Jakarta: Elex Media Komputindo;
[5] Rismayanti, P. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan. Mediator: Jurnal Komunikasi, 5(1);
[6] Bungin, B. (2017). Komunikasi Pariwisata (Tourism Communication): Pemasaran dan Brand Destination. Jakarta: Kencana;
[7] Lestari, G. T., & Ali, D. S. F. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Disporaparbud Kabupaten Purwakarta Melalui Media Aplikasi Sampurasun Dalam Mempromosikan Pariwisata. Linimasa: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 1-10.
Published
2023-10-26