Pengaruh Foto Produk dan Online Customer Review terhadap Minat Beli di E-Commerce Shopee

  • Reza Abizar Prodi Ilmu Komunikasi, Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi InterStudi
  • Ririh Dwiantari Program Studi Ilmu Komunikasi Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi InterStudi
Keywords: Photo Produk, Online Customer Review, Minat Beli

Abstract

Abstract. Shopee became Indonesia's most superior e-commerce that developed quite well. Shopee is an online e-commerce shopping platform that provides household needs, electronic devices, male and female fashion, accessories, photography, food and drinks. This study aims to determine the effect of product photos, online customer reviews on buying interest in E-Commerce Shopee. The method used in this study is the quantitative method. The population in this study were Shopee users in South Jakarta whose numbers were unknown. By using the lemonhow formula, the number of samples of 70 respondents, and sampling techniques used, namely non-probability sampling. To analyze data, the technique carried out is the validity test, the reliability test, the coefficient of determination (R2) and the multiple regression test. Aiming to examine the variable X (product photo and online customer review) is simultaneously related to the variable Y (buying interest). Data processing uses the SPSS application version 26. The results of the study show that product photos have a significant effect on purchase interest, online customer review significant effect on purchase interest and together with product photos and online customer reviews have a significant effect on buying interest.

Abstrak. Shopee menjadi E-Commerce paling unggul Indonesia yang berkembang cukup baik. Shopee  adalah platform belanja E-Commerce online yang menyediakan kebutuhan rumah tangga, alat elektronik, fashion pria dan wanita, aksesoris, fotografi, makanan dan minuman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh foto produk, Online Customer Review terhadap minat beli di E-Commerce Shopee. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna shopee di Jakarta Selatan yang jumlahnya tidak diketahui. Dengan menggunakan rumus Lemeshow, maka jumlah sampel 70 responden, dan teknik sampling yang digunakan yaitu non-probability sampling. Untuk menganalisis data, teknik yang dijalankan ialah uji validitas, uji reabilitas, uji koefisien determinasi (R2) dan uji regresi berganda. Bertujuan untuk meneliti variabel X (Foto Produk dan Online Customer Review) berhubungan secara simultan dengan variabel Y (Minat Beli). Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS versi 26. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa foto produk berpengaruh signifikan terhadap minat beli, online customer review berpengaruh signifikan terhadap minat beli dan secara bersama-sama foto produk dan online customer review berpengaruh signifikan terhadap minat beli.

References

[1] Setiawan, A. B. (2018). Revolusi Bisnis Berbasis Platform Sebagai Penggerak Ekonomi Digital Di Indonesia. Masyarakat Telematika Dan Informasi : Jurnal Penelitian Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 9(1), 61. https://doi.org/10.17933/mti.v9i1.118;
[2] iprice group. (2022). Peta E-Commerce Indonesia. Iprice Group. https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/;
[3] Shopee karier. (2015). Platform Shopee. Shopee Careers. https://careers.shopee.co.id/about;
[4] Soedewi, S., Swasty, W., Mustikawan, A., Naufalina, F. E., Visual, D. K., Kreatif, F. I., Telkom, U., & Batu, T. B. (2021). Information Architecture Pada Aplikasi E-Commerce ( Studi Komparasi Aplikasi Shopee Dan Tokopedia ). Jurnal Bahasa Rupa, 05(01), 22–34.\;
[5] Kesuma, M., & Iskandar, R. (2022). Analisis Toko dan Asal Toko Fashion Pria di Shopee Menggunakan Data Scrapping dan Exploratory Data Analysis. 21(1);
[6] Fadilah, S. E. dan A. A. (2021). Penyelesaian Ganti Rugi Akibat Wanprestasi Perjanjian Jual Beli Online Dikaitkan dengan Pasal 19 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(7), 5–10;
[7] Fauzi, S., & Lina, L. F. (2021). Peran Foto Produk, Online Customer Review Dan Online Customer Rating Pada Minat Beli Konsumen Di E-Commerce. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 2(1), 21. https://doi.org/10.24853/jmmb.2.1.151-156;
[8] Fihartini, Y., & Ramelan, M. R. (2017). Dimensi Persepsi Resiko Pada Perilaku Belanja Online Konsumen. Prosiding Seminar Nasional & Konferensi Forum Manajemen Indonesia (FMI) Ke-9., 161;
[9] Lackermair, G., Kailer, D., & Kanmaz, K. (2013). Importance of Online Product Reviews from a Consumer’s Perspective. Advances in Economics and Business, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.13189/aeb.2013.010101;
[10] Fauzi, S., & Lia Febria Lina. (2020). Jurnal Muhammadiyah. Peran Foto Produk, Online Customer Review, Online Customer Rating Pada Minat Beli Konsumen, 1(1), 37–47;
[11] Utami, S. S., & Aini, N. (2019). Pemanfaatan E-Commerce Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Handycraft Mama Art Deco. Intervensi Komunitas, 1(1), 22–33. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&ved=2ahUKEwjoirfUhdvyAhUg63MBHVtaDYEQFnoECA0QAQ&url=http%3A%2F%2Fojs.itb-ad.ac.id%2Findex.php%2FIK%2Farticle%2Fdownload%2F240%2F173&usg=AOvVaw0JdSfMRmO5PBDYICOTTK30;
[12] Shopee. (2022). Customer Review. Shopee. https://shopee.co.id/?gclid=EAIaIQobChMI15uquL_m-gIVEpNmAh1cDgIhEAAYASAAEgJJfPD_BwE;
[13] Kamtarin, M. (2012). The Efect Electronic Word of Mouth, Trus and Perceived Value on Behavioral Itention Form The Perspective of Consumers. International Journal of Academic Research in Economics and Management Sciences, vol 1, No;
[14] Sunyoto, D. (2014). raktik Riset Perilaku Konsumen (Teori, Kuesioner, Alat, dan Analisis Data). APS (Center of Academic Publishing Service);
[15] Kurniawati, A. D. (2019). Transaksi E-Commerce dalam Perspektif Islam. El-Barka: Journal of Islamic Economics and Business, 2(1), 90. https://doi.org/10.21154/elbarka.v2i1.1662;
[16] Dimyati, L., Astarina, Y., & Martini, A. N. (2022). Pengaruh E-Commerce Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Ayu Butik Kota Pagar Alam. Jurnal Ekonomia, 12(1), 20–26;
[17] Siti Maryam, S. W. (2018). Pengaruh Transaksi C2C Commerce Terhadap Perilaku Impulsive Buying (Survei Pada Konsumen PT Shopee International Indonesia). Inter Komunika : Jurnal Komunikasi, 3, 1–13;
[18] Kotler, P. dan kevin lane keller. (2009). Manajemen Pemasaran (12th ed.). PT. Indeks;
[19] Permatasari, D. (2018). Hubungan Penggunaan Fitur Insta Story Sebagai Media Promosi Dengan Minat Beli Produk Wellborn. Inter Komunika : Jurnal Komunikasi, 3(2), 113. https://doi.org/10.33376/ik.v3i2.212;
[20] Hermawan, D. J. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Online. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 9(2), 100–110. https://doi.org/10.51747/ecobuss.v9i2.848;
[21] Devi Lianovanda. (2022). 6 Tips Foto Produk untuk Jualan Online agar Memikat Calon Pembeli. Skillakademy.Com. https://blog.skillacademy.com/foto-produk-adalah;
[22] Perdana, A. (2021). Foto Produk, Cara Pikat Konsumen dengan Potret yang Menarik. Glints.Com. ttps://glints.com/id/lowongan/foto-produk-adalah/#.Yy15er6FO5c;
[23] Li, X., Wang, M., & Chen, Y. (2014). The impact of product photo on online consumer purchase intention: An image-processing enabled empirical study. Proceedings - Pacific Asia Conference on Information Systems, PACIS 2014;
[24] Thakur, R. (2018). Customer Engagement and Online Reviews. Journal of Retailing and Consumer Services, 41, 48–59. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2017.11.002;
[25] Hariyanto, H. T., & Trisunarno, L. (2021). Analisis Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, dan Star Seller terhadap Kepercayaan Pelanggan Hingga Keputusan Pembelian pada Toko Online di Shopee. Jurnal Teknik ITS, 9(2). https://doi.org/10.12962/j23373539.v9i2.56728;
[26] Nufian S Febriani, W. W. A. D. (2019). Teori dan Praktis Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu. UB Press;
[27] Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif (Cet 1). Alfabeta.
Published
2023-10-26