Pengaruh Pesan Kampanye #GenerasiKulitSehat terhadap Citra Merek Perusahaan N’Pure di Instagram

  • Natasha Thea Sabella Prodi Ilmu Komunikasi, Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi InterStudi
  • Mellisa Florentina Daniel Prodi Ilmu Komunikasi, Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi InterStudi
Keywords: Pesan Kampanye, Citra Merek Perusahaan, #GenerasiKulitSehat

Abstract

Abstract. In promoting a product, companies often create campaigns as activities used to achieve the desired results. This study aims to obtain empirical results regarding the effect of the #GenerasiKulitSehat campaign message on the brand image of the N’Pure company on Instagram. The research method used in this research is quantitative. Data collection techniques using a questionnaire. The population used is N'Pure Instagram followers for the 2022 period, namely 497,000 people. The sampling technique uses non-probability sampling with the type of technique that is purposive sampling. The sample in this study was 100 respondents who followed Instagram N’Pure. The data analysis technique used in this study is simple linear regression analysis. In this journal, the results of the study show that the #GenerasiKulitSehat campaign has quite an effect on the brand image of N’Pure, namely 29.4%. Through this campaign message, it is hoped that it will provide encouragement to N'Pure Instagram followers to develop relatively strong and mutually beneficial relationships so that they can have a significant influence.

Abstrak. Dalam mempromosikan suatu produk, perusahaan seringkali membuat kampanye sebagai kegiatan yang digunakan untuk mencapai hasil yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh hasil empiris mengenai pengaruh pesan kampanye #GenerasiKulitSehat terhadap citra merek perusahaan N’Pure di Instagram. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Populasi yang digunakan adalah pengikut Instagram N’Pure periode tahun 2022 yaitu sebanyak 497.000 orang. Teknik sampling menggunakan non probability sampling dengan jenis teknik yaitu purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang responden pengikut Instagram N’Pure. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana. Dalam jurnal ini, hasil penelitian menunjukan bahwa kampanye #GenerasiKulitSehat cukup berpengaruh terhadap citra merek N’Pure yaitu sebesar 29,4%. Melalui pesan kampanye ini diharapkan dapat memberikan suatu dorongan kepada pengikut Instagram N’Pure untuk mengembangkan hubungan yang relatif kuat dan saling menguntungkan sehingga dapat berpengaruh secara signifikan.

References

[1] Amalia, R. (2020). Pengaruh Kampanye Public Relations No Straw Movement Terhadap Loyalitas Pengunjung Kona Koffie. Inter Script: Journal of Creative Communication, 2(1), 73-85;
[2] Venus, A. (2019). Manajemen Kampanye. Bandung, Indonesia: Simbiosa Rekatama Media;
[3] Npure official. (2021). Diakses pada 16 Juni 2022, dari https://npureofficial.id/;
[4] Alvionita, R. (2022). Tuntaskan PPKM dan Jadilah #GenerasiKulitSehat Bersama NPURE. Journal.Sociola.Com. https://journal.sociolla.com/beauty/generasikulitsehat-bersama-npure;
[5] Agusta, F, I., & Prisanto, G, F. (2021). Pengaruh Program Event Bekas Jadi Berkah terhadap Citra Perusahaan OLX Indonesia. Prosiding Hubungan Masyarakat, 7(1);
[6] Hermiyanti, K. (2017). Pengaruh Pesan Kampanye “Against Animal Testing Terhadap Brand Image Produk The Body Shop. jurnal komunikasi, 27- 46;
[7] Wolipop Detik. (2022 Juni, 8). Merk Skincare NPURE Gandeng Rizky Febian sebagai Brand Ambassador. Diperoleh pada (16 Juni 2022), dari: https://wolipop.detik.com/makeup-andskincare/d-6116314/merek- skincarenpuregandengrizkyfebiansebagaibrandambassador/amp;
[8] Dean, A. (2022 Mei, 25). Bukan Kulit Putih yang Jadi Acuan, NPURE Bikin Gebrakan #GenerasiKulitSehat. Diperoleh pada (16 Juni 2022), dari: https://editorial.femaledaily.com/blo g/2022/05/24/bukan-kulit-putih- yang-jadi-acuan- npure-bikin- gebrakan-generasikulitsehat;
[9] Mely. (2022 Juli, 27). Hasil Survei Mengungkapkan Media Sosial Paling Digemari di Indonesia. Gatra. Diakses dari https://www.gatra.com/news-548811-nasional-hasil-survei- mengungkapkan-media- sosial- paling-digemari-di-indonesia-.html;
[10] Ayu, R.M. (2022 Juni, 17). Bertambah Lagi, Ini Jumlah Pengguna Instagram Per Kuartal I 2022. Katadata. Diakses dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/17/bertambah-lagi-ini-jumlah- pengguna-instagram-per-kuartal-i-2022;
[11] Agustianingrum, S & Rosmalah, D.K.K (2021). Efektivitas Pesan Instagram Ruangguru sebagai Digital Marketing Communication. Jurnal Spektrum Komunikasi, 9, 162-163;
[12] Sri Hartini. (2017). ANALISIS PESAN FOTO DAN TEKS AKUN INSTAGRAM @KULINERDISOLOYANG EFEKTIF DALAM MEMPROMOSIKAN WISATA KULINER DI KOTA SOLO. https://www.semanticscholar.org/paper/ANALISIS-PESAN-FOTO-DAN-TEKS-AKUN-INSTAGRAM-EFEKTIF-Sri-Triatmo/ea196f5874bcca394f56ca34f48ce254dc66e0f8;
[13] Syafrikurniasari, N., & Widiani, S. P. (2019). Pengaruh Pesan Kampanye No Straw Movement di Media Sosial Terhadap Perubahan Sikap Publik. Jurnal komunikasi, 11- 27;
[14] Ruslan, R. (2017). Manajemen Public Relations& Media Komunikasi Konsep dan Aplikasi. Jakarta: PTRaja Grafindo Persada;
[15] Frida, K. (2002). Dasar-dasar humas. Jakarta: PT Gahalia Indonesia;
[16] Valencia, G. N. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Penumpang Maskapai Penerbangan Batik Air. Caraka: Indonesian Journal of Communications, 2(2), 89-103;
[17] Danandjaja. (2011). Peranan humas dalamperusahaan. Yogyakarta: Graha Ilmu;
[18] Anggani, C. H. (2014). Pengaruh Program Kampanye "Say No To Plastic Bag Oleh The Body Shop" TerhadapPartisipasi Masyarakat. Wacana: Jurnal ilmiah ilmu komunikasi;
[19] Kusanti, Devy Putri, Leliana, I. (2018). No TitleProgram Kampanye Humas Puskesmas Kecamatan Palmerah Dalam Upaya Preventif Bahaya Campak Dan Rubella Di Masyarakat. Komunikasi, 9, 111.Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom;
[20] Rice, R. E. & P. W. J. (1981). Public Communication Campaign. Sage. Publications;
[21] Clow, K. E., & Donald, B. (2016). Integrated Advertising, Promotion, and Marketing Communications. England: Pearson;
[22] Albarran, Alan B., 2013, The Social MediaIndustries, New York: Routledge;
[23] Atmoko Dwi, Bambang. 2012. Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita;
[24] Keller, K. L. (2013). Strategic Brand Management. England: Pearson Education;
[25] Blakeman, R. (2015). Integrated Marketing Communication: Creative Strategy from idea to Implementation. New York: Rowman & Littlefield;
[26] Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfaveta, CV;
[27] Amalia, R. (2020). Pengaruh Kampanye Public Relations No Straw Movement Terhadap Loyalitas Pengunjung Kona Koffie. Inter Script: Journal of Creative Communication, 2(1), 73-85;
[28] Widiyanto, J. (2010). SPSS for Windows Untuk Analisis Data Statistik dan Penelitian. Surakarta: BP-FKIPUMS;
[29] Martono, N. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis isi dan analisis data sekunder. Jakarta: PT RayaGrafindo Persada;
[30] Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta;
[31] Azwar, Saifuddin. 2015. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar;
[32] Herlina, V. (2019). Panduan Praktis Mengolah Data Kuesioner Menggunakan SPSS. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Published
2023-10-26