Pengaruh Influencer terhadap Brand Awareness melalui Media Sosial

  • Marina Srichasanah Siagian Prodi Ilmu Komunikasi, Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi InterStudi
  • Kurnia Program Studi Ilmu Komunikasi Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi InterStudi
Keywords: Media Sosial, Pengikut, Kesedaran Merek

Abstract

Abstract. Payment trends are currently growing, making the advertising competition increasingly carried out by each company. Considering that the communication channel that is actively used in promoting a brand is social media, the company functions Influencers as a source of communication to build awareness of the product being advertised. This study aims to find out how much influence an influencer has on brand awareness through social media. In this study, the approach used is a quantitative approach with a non-probabilistic sampling method. The research data was collected by using a purposive sampling technique with as many as 100 respondents in the population of social media followers @soniafergina on the Instagram platform. Sonia Fergina is one of the influencers in the lifestyle category, which is enabled by LinkAja in promoting LinkAja products in 2021. The data obtained in this study were drawn from an online questionnaire. The data analysis used in this study is a simple linear regression analysis using PLS. The results of this study indicate that the influence of influencers as business communicators through social media will significantly affect brand awareness. The use of influencers in promoting LinkAja digital wallet application products is considered effective, and able to provide accurate information about LinkAja products. However, significant influence can be obtained if influencers have the capability to share information related to LinkAja products, in order to attract the audience to know more about LinkAja products.

Abstrak. Trend pembayaran yang kian berkembang saat ini, membuat semakin meningkatnya perlombaan beriklan yang dilakukan oleh setiap perusahaan. Mengingat saluran komunikasi yang aktif digunakan dalam mempromosikan suatu brand adalah media sosial, maka perusahaan mengfungsikan Influencer sebagai source of communication untuk membangun kesadaran akan produk yang di iklankan. Penelitian ini  memiliki tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh seorang influencer terhadap brand awareness melalui media sosial. Pada penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode non-probabilistic sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan melakukan teknik purposive sampling melalui sebanyak 100 responden dalam populasi followers media sosial @soniafergina pada platform Instagram. Sonia Fergina merupakan salah satu influencer dengan kategori lifestyle, yang difungsikan oleh LinkAja dalam mempromosikan produk LinkAja pada tahun 2021. Perolehan data pada penelitian ini ditarik dari kuesioner online. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah análisis regresi linier sederhana dengan menggunakan PLS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh influencer sebagai komunikator bisnis melalui media sosial secara signifikan akan mempengaruhi brand awareness. Penggunaan influencer dalam mempromosikan produk aplikasi dompet digital LinkAja dinilai efektif, dapat memberikan informasi yang tepat mengenai produk LinkAja. Meski demikian, pengaruh yang signifikan bisa diperoleh jika influencer memiliki kapabilitas dalam membagikan informasi terkait produk LinkAja, agar menarik audience untuk mengetahui product LinkAja lebih jauh.

References

[1] Ningtyo, I. R. (2019). Pengaruh Promosi, Citra Merek, Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi Ovo (Studi Kasus : Pengunjung Booth Ovo Food Court Tunjungan Plaza 2 Surabaya). Repository Stie Mahardhika, 1–15.mau
[2] Maulana, I., Manulang, J. M. br., & Salsabila, O. (2020). Pengaruh Social Media Influencer Terhadap Perilaku Konsumtif di Era Ekonomi Digital. Majalah Ilmiah Bijak, 17(1), 28–34. https://doi.org/10.31334/bijak.v17i1.823
[3] Pinuji, M. F. (2019). Pengaruh User-Generated Content Sebagai Alat Komunikasi Bisnis Terhadap Kredibilitas Informasi Website “Tokopedia.” Inter Script: Journal of Creative Communication, 1(1), 19–33. https://doi.org/10.33376/is.v1i1.347
[4] OVO - Cara Top Up, Cara Cek Saldo, dan Promo - Cermati.com. (n.d.). Retrieved August 6, 2021, from https://www.cermati.com/e-money/ovo;
[5] https://krediblog.id/linkaja/;
[6] Putri, A. M. (2019). Strategi Komunikasi Bisnis Dalam Meningkatkan Kepuasan Tenant. Inter Script: Journal of Creative Communication, 1(1), 1–18. https://doi.org/10.33376/is.v1i1.346;
[7] Kotler, P & Keller, KL. 2016. Marketing Management. 15 edition. Pearson Education Limited;
[8] Vinet, L., & Zhedanov, A. (2011). A “missing” family of classical orthogonal polynomials. Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 44(8), 1689–1699. https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201;
[9] Abednego, F., Kuswoyo, C., Lu, C., & Wijaya, G. E. (2021). Analisis Pemilihan Social Media Influencer Pada Instagram Terhadap Perilaku Konsumen (Studi Kualitatif Pada Generasi Y Dan Generasi Z Di Bandung). Jurnal Riset Bisnis, 5(1), 57–73;
[10] https://bisnis.tempo.co/read/1498958/8-media-sosial-terbaik-untuk-berbisnis;
[11] Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur). Jurnal Eksekutif, 15(1), 133–146;
[12] Sugiharto, S. A., & Ramadhana, M. R. (2018). Pengaruh Kredibilitas Influencer Terhadap Sikap Pada Merek. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, 8(2). https://doi.org/10.34010/jipsi.v8i2.1333;
[13] Herdana, A. (2015). Analisis Pengaruh Kesadaran Merek (Brand Awareness) Pada Produk Asuransi Jiwa Prudential Life Assurance (Studi Pada Pru Passion Agency Jakarta). Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 1–18;
[14] Hanindharputri, M. A., & Putra, I. K. A. M. (2019). Peran Influencer dalam Strategi Meningkatkan Promosi dari Suatu Brand ( The Role of Influencer in Strategies to Increase Promotion of a Brand ). Seminar Nasional Sandykala, 29, 335–343;
[15] Grenny Joseph, Patterson Kerry, Maxfield David, McMillan Ron, Switzler AL. 2013. Influencer. Dunamis Publishing;
[16] Brown, Danny & Fiorella, Sam. 2013. Influence Marketing - How To Create, Manage, and Measure brand influencers in social media marketing, Que Publishing;
[17] Nisrina, R. M. (2019). Pengaruh Beauty Vlogger Sebagai Influencer Marketing Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik L’Oreal Di Counter. 16–45;
[18] Anjani, S., & Irwansyah, I. (2020). Peranan Influencer Dalam Mengkomunikasikan Pesan Di Media Sosial Instagram [the Role of Social Media Influencers in Communicating Messages Using Instagram]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 16(2), 203. https://doi.org/10.19166/pji.v16i2.1929;
[19] Andata, C. P., & Iflah, I. (2022). Pengaruh Media Sosial Dalam Meningkatkan Brand Awareness “Somethinc” Pada Pengguna Instagram Di JABODETABEK. Jurnal Komunikasi, 13(2), 84–92. https://doi.org/10.31294/jkom.v13i2.13261;
[20] Handika, M. R., Maradona, A. F., & Dharma, G. S. (2018). Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Undiknas, 15(2), 192–203. https://doi.org/10.38043/jmb.v15i2.601;
[21] Pedroni, M. (2016). Meso-celebrities, fashion and the media: How digital influencers struggle for visibility. Film, Fashion & Consumption, 5(1), 103-121. https://doi.org/10.1386/ffc.5.1.103_1;
[22] instagram Influencer Marketing Hub. (n.d.). Retrieved December 26, 2021, from https://influencermarketinghub.com/page/4/?s=instagram;
[23] Brorsson, A. & Plotnikova, V. (2017). Choosing the Right Social Media Influencer: A Quasi Experiment to Explore the Impact of Influencers’ Different Characteristics (Master’s thesis). Linnaeus University, Sweden;
[24] Kurniasari, M., & Budiatmo, A. (2018). Pengaruh Social Media Marketing, Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada J.Co Donuts & Coffee Semarang. Jurnal Administrasi Bisnis, 7(1), 25. https://doi.org/10.14710/jab.v7i1.22571;
[25] Setiawan, B., & Rabuani, C. C. (2019). Pengaruh Iklan dan Endorser terhadap Brand Awareness Serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian. Riset, 1(1), 001–015. https://doi.org/10.35212/277621;

[26] Bruns, I. (2018). ‘Trust’ and ‘perceived authenticity’ in social media driven influencer marketing and their influence on intentions-to-buy of 18-24-years-olds in Ireland. [Master's thesis, Dublin Business School]. Retrieved from https://esource.dbs.ie/handle/10788/3536;
[27] Abidin, Yunus. (2016). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama;
[28] https://influencermarketinghub.com/why-influencer-marketing-will-explode-in-2017/;
[29] https://influencermarketinghub.com/influencer-marketing-2019-benchmark-report/;
[30] Lee, E., Lee, J.-A., Moon, J. H., & Sung, Y. (2015). Pictures Speak Louder than Words: Motivations for Using Instagram. Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking, 18(9), 552–556. https://doi.org/10.1089/cyber.2015.0157;
[31] Bjurling, L., & Ekstam, V. (2018). Influencer marketing’s effect on brand perceptions: A consumer involvement perspective. [Master's thesis, Lund University]. Retrieved from http://lup.lub.lu.se/luur/download?func=downloadFile&reco rdOId=8949706&fileOId=8949707;
[32] Pantouw, D. T. V., & Kurnia, K. (2022). Pengaruh Influencer Media Sosial terhadap Brand Image Erigo. Inter Script : Journal of Creative Communication, 4(2), 68–75. https://journal.interstudi.edu/index.php/interscript/article/view/1648;
[33] https://penerbitdeepublish.com/hipotesis-penelitian/;
[34] Adha, M. Z. et al. (2020) ‘Jurnal Mahasiswa dan Penelitian Kesehatan Analisis Posisi Kerja menggunakan Metode Ovako Working Analysis System (OWAS) dan Kebiasaan Olahraga Terhadap Keluhan Low Back Pain (LBP)’, jurnal mahasiswa dan peneliti kesehatan, 7(2), pp. 26–31;
[35] Sugiyono. (2006). Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alfabeta : Bandung, 2006, hal. 3. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, 22–29;
[36] Argamaya dan Yunita. 2017. Analisis Faktor - Fakor yang Mempengaruhi nilai Curent Ratio pada PT. Tiga Pilar Sejahtera Food, Tbk Periode 2010 - 2015. Jurnal Media Riset Akutansi.7 (1);
[37] https://www.instagram.com/soniafergina/, 21 April 2021 – 14:00;
[38] Fakhri, R. (2021). Metode Penelitian. 2021, 32–41;
[39] Mailoor, A., Senduk, J. J., & Londa, j w. (2017). Pengaruh penggunaan media sosial. Jurnal Acta Diurna, VI(1), 1–10.
Published
2023-10-20