Pengaruh Konten Instagram terhadap Minat Beli Produk Erigo

  • Luthfir Arqam Prodi Penyiaran, Ilmu Komunikasi, Stikom Interstudi, Indonesia
  • Medo Maulianza Prodi Penyiaran, Ilmu Komunikasi, Stikom Interstudi, Indonesia
Keywords: Konten Instagram, Minat Beli, Influencer

Abstract

Abstract. The development of communication media today is inseparable from the current state of technology, especially digital media. One of the most popular digital media today is Instagram. The birth of Instagram as a medium of information in meeting their needs. This shows that Instagram can generate followers (followers) on someone's Instagram account and can make that person have the title of Influencer on digital media. Influencer is one of the marketing strategies in which a company invites an influencer to work together in creating interesting and interactive video content to increase brand awareness of a product offered to a specified target market. Therefore, the researcher wants to know the influence of Arief Muhammad's Instagram content on buying interest. The sample in this study was selected by the Convenience Sampling method with a total sample of 100 people. The analysis of the data used in this study consisted of a validity test, reliability test, and hypothesis testing. The results showed that there was an influence between Arief Muhammad's Instagram content on buying interest in Erigo products, this was proven by the results of the t-test value of 12.705 > t table 1.984 meaning Ha was accepted, this was also strengthened by the value of the coefficient of determination of 0.622, meaning 62, 2% buying interest is influenced by the variables in this study. Then the results of the validity show that the 12 question items are valid and the reliability test shows a result of 0.944 of the 12 question items, meaning that the data has strong validity.

Abstrak. Perkembangan media komunikasi saat ini tidak terlepas dari kecanggihan teknologi saat ini khususnya media digital. Salah satu media digital popular saat ini adalah Instagram. Lahirnya Instagram sebagai media informasi dalam memenuhi kebutuhan mereka. Hal tersebut menunjukkan bahwa instagram dapat menghasilkan pengikut (followers) pada akun instagram seseorang dan dapat menjadikan orang tersebut memiliki gelar Influencer pada media digital. Influencer merupakan salah satu strategi pemasaran yang dimana sebuah perusahaan mengajak seorang influencer untuk bekerjasama dalam membuat video konten yang menarik dan interaktif untuk meningkatkan brand awareness sebuah produk yang ditawarkan kepada target pasar yang ditentukan. Maka dari itu, peneliti ingin mengetahuibbagaimana pengaruh Konten Instagram Arief Muhammad terhadap Minat Beli. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan metode convenience sampling dengan  total sampel berjumlah 100 orang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara konten Instagram arief Muhammad terhadap minat beli produk erigo, hal ini dibuktikan dengan hasil dari nilai uji t hitung 12,705 > t tabel 1.984 artinya Hditerima, hal tersebut juga diperkuat dengan adanya nilai koefisien determinasi sebesar 0,622 artinya sebesar 62,2% minat beli dipengaruhi oleh variabel dalam penelitian ini. Kemudian hasil dari validitas menunjukan bahwa 12 item pertanyaan valid dan uji reliabilitas menunjukan hasil sebesar 0.944 dari 12 item pertanyaan, artinya data tersebut memiliki keabsahan yang kuat.

References

[1] Rizkinaswara, L. (2019). Penggunaan Internet di Indonesia. aptika.kominfo.go.id;
[2] Kurniawati, D., & Arifin, N. (2015). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial dan Minat Beli Mahasiswa;
[3] Ratnasari, A., Hamdan, Y., & Julia, A. (2015). PROMOSI PENJUALAN PRODUKMELALUI INSTAGRAM. Inter Komunika: Jurnal Komunikasi, 2(2), 509–516. https://journal.interstudi.edu/index.php/InterKomunika/article/view/8/pdf;
[4] Musnaini, S., Wijoyo, H.(2021). Digital Marketing: CV. Pena Persada;
[5] Saeed, M. N., & Bhatia, P. (2014). Impact of Celebrity Endorsement on the image of brand on Customer’s mind. International Journal of Business and Management Invention. 3;
[6] Afandi, A., Samudra, J. P., Sherley, S., Veren, V., & Liang, W. (2021). Pengaruh Endorsement Influencer Instagram Terhadap Keputusan Pembelian pada Generasi Z. Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 5(1), 15. https://doi.org/10.30829/komunikologi.v5i1.9272;
[7] Setia, I. S. B., & Sudrajat, R. H. (2019). Pengaruh Penggunaan Celebrity Endorser Arief Muhammad di Instagram Terhadap Brand Image Erigo Store Program Studi Ilmu Komunikasi , Fakultas Ilmu Komunikasi dan Bisnis . Universitas Telkom Bandung , Jl . Telekomunikasi No . 01 Terusan Buah Batu , Bandung. Jurnal Sosial Politik, 5(2), 322–332;
[8] Yasin, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Tiktok @Erigo.store Terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo. Commercium, 05, 20–30;
[9] Wahyuni, S. N., & Damayanti, D. (2019). Digital Branding Menggunakan Instagram Follower. INFOS Journal-Information System Journal, 1(4), 31–35;
[10] Ningsih, T. S., & Siska Lusia Putri. (2020). Pengaruh Celebrity Endoser Terhadap Keputusan Pembelian (Studi kasus Pada Produk Erigo Melalui Instagram). 100(April), 43–54;
[11] Wahyuni, S., Fourqoniah, F., & Arsyad, A. W. (2019). Pengaruh Konten Instagram @Smrfoodies Terhadap Minat Beli Followers. EJournal Ilmu Komunikasi, 7(1), 154–166;
[12] Aldrich, M., Ramadhan, A. R., & Stephanie, N. (2021). Pengaruh Influencer Arief Muhammad Terhadap Minat Beli Brand Billionaire’s Project;
[13] Mahendra, B. (2017). Eksistensi Sosial Remaja dalam Instgram (Sebuah Perspektif Komunikasi). 16(01), 151–160;
[14] Mustofa. (2019). SISI GELAP MEDIA SOSIAL : RANAH SOSIAL-POLITIK;
[15] Quail, D. M. (2000). Mc Quail’s Communication Theory (4th ed.). Sage Publication;
[16] Saputri, P. S., & Hanifa, F. H. (2021). Analisis Dan Pengembangan Konten Sosial Media Marketing Pada Instagram Telkom Sto Dago Tahun 2021 Analysis and Development of Social Media Marketing Content on the Telkom Sto Dago in 2021. E-Proceeding of Applied Science , 7(4), 535–548;
[17] Prihatiningsih, W. (2017). Motif Penggunaan Media Sosial Instagram Di Kalangan Remaja. Communication, 8(1), 51. https://doi.org/10.36080/comm.v8i1.651;
[18] Ramdan, A. K., Rismawan, F. R., Wiharnis, N., & Safitri, D. (2019). Pengaruh Akun Instagram @temandisabilitas_Id dalam Meningkatkan Kesadaran Followers Terhadap Difabel. Inter Komunika: Jurnal Komunikasi, 4(2), 104–115. https://journal.interstudi.edu/index.php/InterKomunika/article/view/284;
[19] Rachman Jonni, R., & Hariyanti, P. (2021). Pengaruh Konten Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Space Coffee Roastery Yogyakarta. Jurnal Mahasiswa Komunikasi Cantrik, 1(2), 119–134. https://doi.org/10.20885/cantrik.vol1.iss2.art5;
[20] Kertamukti, R. (2015). Strategi Dalam Periklanan;
[21] Tantoroputro, D. (2017). Kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen cerah jaya abadi. Jurnal Manajemen Dan Strart-up Bisnis, 2(April), 20–25;
[22] Sekaran, Uma, & Bougie. (2016). Research Methods For Business : A Skill Building Approach;
[23] Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D;
[24] Yeyen Iswani, -. (2019). Pengaruh Menonton Program “ I Look “ Di Net Tv Terhadap Pengetahuan Fashion Siswa Jurusan Tata Busana Smkn 04 Pekanbaru. 3476, 3476.
[25] Philip, K. (2007). Manajemen Pemasaran (Edisi 12). Indeks;
[26] Maknunah, L. U., & Apriliyaningsih, R. D. (2020). PENGARUH HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus di Galeri Jenang Kelapa Sari Rejowinangun Blitar). Analisis Pendapatan Dan Tingkat Kesejahteraan Rumah Tangga Petani, 9;
[27] Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25.
Published
2023-10-19