Pengaruh Brand Image terhadap Loyalitas Pengguna Smartphone Realme

  • Felly Erlianto Prodi Ilmu Komunikasi, Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi InterStudi
  • Mazaya Rizy Safira Program Studi Ilmu Komunikasi Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi InterStudi
Keywords: Citra Merek, Loyalitas, Hubungan Masyarakat

Abstract

Abstract. The development of technology is increasing rapidly in today's times including communication technology. There are many new communication technologies being created, one of which is smartphones. Companies are required to create and cultivate a strategy, one of which is with a brand image in order to instill a good perception of consumers or potential consumers so that the brand has a high possibility of being chosen and getting a place in the hearts of customers. The purpose of this study is to determine or measure how much influence the brand image has on the loyalty of Realme smartphone users in SMA Negeri 6 Tangsel. This type of research is an associative descriptive study, using simple linear regression analysis techniques with purposive sampling, data is collected from respondents who use Realme smartphones. From the results of the hypothesis test conducted that brand image has a significant effect on loyalty. And the results of the test of determination coefficient (R Square) have a value of 62.1%, while the remaining 37.9% was influenced by other things that were not examined.

Abstrak. Perkembangan teknologi semakin meningkat pesat di masa sekarang ini termasuk teknologi komunikasi, sangat banyak teknologi komunikasi baru yang diciptakan salah satunya yaitu smartphone. Perusahaan dituntut harus membuat dan memupuk strategi salah satunya yaitu dengan brand image guna menanamkan persepsi baik kepada konsumen maupun calon konsumen agar brand tersebut memiliki kemungkinan yang tinggi untuk dipilih dan mendapatkan tempat di hati pelanggan. Maksud dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ataupun mengukur seberapa besarnya pengaruh brand image terhadap loyalitas pengguna smartphone Realme di SMA Negeri 6 Tangsel. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif, menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana dengan purposive sampling, data dikumpulkan dari responden yang menggunakan smartphone Realme. Dari hasil uji hipotesis yang dilakukan bahwa brand image memberikan pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas. Dan hasil uji koefisien determinasi (R Square) terdapat nilai sebesar 62,1%, sedangkan sisanya sebesar  37.9%  dipengaruhi oleh hal lain yang tidak diteliti.

References

[1] Iswidharmanjaya, D. (2014). Bila Si Kecil Bermain Gadget. In Bisakimia;
[2] Syaifullah, A. (2018). 66,3% masyarakat Indonesia Memiliki Smartphone #8. Indonesiabaik.Id. http://indonesiabaik.id/infografis/663-masyarakat-indonesia-memiliki-smartphone-8;
[3] Eka Saputri, M. (2014). Pengaruh Brand Image Terhadap Kesetiaan Pengguna Smartphone Iphone. Jurnal Sosioteknologi, 13(3), 193–201. https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2014.13.3.3;
[4] Wahyuningsih, L. (2014). Tugas Dan Fungsi Public Relation Dalam Organisasi. Fungsi PTBBN, 1–82. https://eprints.uny.ac.id/17909/1/TA. ADE SAFITRI.pdf;
[5] Amaliyah, R. (2015). Peranan Public Relations dalam Meningkatkan Brand Image Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Cabang Makassar. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/11063/;
[6] Andika, R. D., & Prisanto, G. F. (2019). Pengaruh Brand Personality dan Brand Experience Terhadap Emotional Brand Attachment Pada Merek Vespa. Inter Komunika: Jurnal Komunikasi, 4(2), 179–188;
[7] Simamora. (2011). Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. In Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel (Edisi pert, p. 106). PT. Gramedia Pustaka Utama;
[8] Tjiptono, F. (2008). Pemasaran Strategi. In Pemasaran Strategi (Edisi pert, p. 104). CV Andi offset;
[9] Venessa, I., & Arifin, Z. (2017). (Survei pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Tahun Angkatan 2013 / 2014 dan 2014 / 2015 Pengguna Kartu Pra-Bayar Simpati). Jurnal Administrasi Bisnis, 51(1), 44–48;
[10] Schiffman, L. G. & L. L. K. (2010). Consumer behavior. In Consumer behavior (10th editi). Pearson Education;
[11] m.tabloidpulsa.co.id. (2019). Setahun Berkiprah, realme Sukses Bertengger di Top 10 Brand Smartphone Global. M.Tabloidpulsa.Co.Id. https://m.tabloidpulsa.co.id/news/38877-setahun-berkiprah-realme-sukses-bertengger-di-top-10-brand-smartphone-global;
[12] realme.com. (n.d.). Pasar Internasional. Https://Www.Realme.Com/Id/Brand. https://www.realme.com/id/brand;
[13] Susanto, H. (2014). Konsep Paradigma Ilmu-Ilmu Sosial Dan. Muaddib, 04(02), 93–114;
[14] Irwan. (2018). Relevansi Paradigma Positivistik Dalam Penelitian Sosiologi Pedesaan. Jurnal Ilmu Sosial, 17(1), 21–38. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/ilmusos/article/view/10364/8241;
[15] Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta;
[16] Sekaran, U. (2013). Research Methods for Business. Salemba Empat;
[17] Karuntu, M., & Kantohe, J. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Berbelanja Pada Fiesta Pasar Swalayan Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 66–77;
[18] Syafrina Dina, D. S. (2019). THE EFFECT OF INDIVIDUAL CHARACTERISTICS AND WORK ENVIRONMENTS ON PERFORMANCE OF EMPLOYEES IN PUBLIC HEALTH OFFICE OF INDRAGIRI HILIR. 5;
[19] Halim, B. C., Dharmayanti, D., & Brahmana, K. M. R. (2014). Pengaruh Brand Identity terhadap Timbulnya Brand Preference dan Repurchase Intention pada Merek Toyota. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1–11;
[20] Verdian, E. (2019). Analisis Faktor Yang Merupakan Intensi Perpindahan Merek Transportasi Online di Surabaya. Agora, 7(1), 1–8;
[21] Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. UNDIP;
[22] Santoso, S. (2012). Analisis SPSS pada statistik parametrik. PT. Elex Media Komputindo;
[23] Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete SPSS 25 (9th ed.). Universitas Diponegoro;
[24] Naninncova, N. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggang Noach Cafe and Bistro. Agora, 7(2), 1–5.
Published
2023-10-19