Pengaruh Social Media Marketing dan Marketing Campaign WIB (Waktu Indonesia Belanja) terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace Tokopedia

  • Nur Fitriani Hidayat Manajemen
  • Mochamad Malik Akbar Rohandi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Bandung
  • Nindya Saraswati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Bandung
Keywords: Social Media Marketing, Marketing Campaign, Keputusan Pembelian

Abstract

Abstract. Competition conditions in the business world are increasingly competitive, especially transformation in the era of globalization and technological advances, especially in the world of telecommunications. Business people are required to be able to adapt, be innovative, and become increasingly sensitive to developments that occur so that companies must open new strategies and plan carefully. This research is included in the type of quantitative research using a quantitative approach. The data collection technique in this research was carried out through distributing questionnaires. The sampling technique used in this research is non-probability sampling, namely purposive sampling. The population in this study were students in West Java with a sample of 150 respondents. The data analysis used is descriptive and verification analysis as well as statistics, namely using multiple linear regression analysis, t test, f test, and coefficient of determination. The results of this research show that the Social Media Marketing variable partially has a significant effect on purchasing decisions, the WIB Marketing Campaign (Indonesia Shopping Time) partially has a significant effect on purchasing decisions, and the Social Media Marketing and WIB Marketing Campaign (Indonesia Shopping Time) simultaneously have an effect significant impact on purchasing decisions on the Tokopedia marketplace.

Abstrak. Kondisi persaingan dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif terlebih transformasi di era globalisasi serta kemajuan teknologi khususnya dalam dunia telekomunikasi. Para pelaku bisnis dituntut untuk dapat beradaptasi, inovatif, dan semakin peka akan perkembangan yang terjadi sehingga perusahaan harus membuka strategi baru dan perencanaan yang matang. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling yaitu purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa di Jawa Barat yang dengan sampel sebanyak 150 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan verifikatif serta statistik yaitu dengan menggunakan analisis regresi linier berganda, Uji t, Uji f, dan koefisien determinasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Social Media Marketing secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, Marketing Campaign WIB (Waktu Indonesia Belanja) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, serta Social Media Marketing dan Marketing Campaign WIB (Waktu Indonesia Belanja) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace Tokopedia.

References

Alghozy, R. (2020). Strategi Social Media Marketing Pada Usaha Kuliner Krr’s Otentik Malang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 2, 1–17.

Angkouw, B. W., Lapian, J. S. L. H. V., & Loindong, S. S. R. (2021). Keputusan Pembelian Di PT. Bosowa Berlian Motor Manado Pada masa Pandemik Covid-19 Serta Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jurnal EMBA, 9(3), 1189–1200.

Kotler, P., dan Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing, Seventeenth Edition. In Pearson.

Rizky Anisa, P., & Megahnanda Alidyan, K. (2023). Brand Ambassador Sebagai Strategi Marketing Tokopedia Melalui Selebriti Korea Selatan Tahun 2021. Journal Publicuho, 6(1), 318–342.

Unaradjan, D. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif (kasdin Sihotang (ed.); Cetakan Pe). Universtias Katolik Indonesia Atama Jaya.

We Are Social dan Hootsuite. (2023). Daftar Platform Media Sosial dengan Pengguna Aktif Terbanyak Per Januari 2023. GoodStates. https://goodstats.id/article/daftar-platform-media-sosial-yang-paling-banyak-digunakan-2023-facebook-juaranya-BHY8q

Yuan, S., & Lou, C. (2020). How Social Media Influencers Foster Relationships with Followers: The Roles of Source Credibility and Fairness in Parasocial Relationship and Product Interest. Journal of Interactive Advertising, 0(0), 133–147.

Alghozy, R. (2020). Strategi Social Media Marketing Pada Usaha Kuliner Krr’s Otentik Malang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 2, 1–17.

Angkouw, B. W., Lapian, J. S. L. H. V., & Loindong, S. S. R. (2021). Keputusan Pembelian Di PT. Bosowa Berlian Motor Manado Pada masa Pandemik Covid-19 Serta Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jurnal EMBA, 9(3), 1189–1200.

Kotler, P., dan Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing, Seventeenth Edition. In Pearson.

Rizky Anisa, P., & Megahnanda Alidyan, K. (2023). Brand Ambassador Sebagai Strategi Marketing Tokopedia Melalui Selebriti Korea Selatan Tahun 2021. Journal Publicuho, 6(1), 318–342.

Unaradjan, D. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif (kasdin Sihotang (ed.); Cetakan Pe). Universtias Katolik Indonesia Atama Jaya.

We Are Social dan Hootsuite. (2023). Daftar Platform Media Sosial dengan Pengguna Aktif Terbanyak Per Januari 2023. GoodStates. https://goodstats.id/article/daftar-platform-media-sosial-yang-paling-banyak-digunakan-2023-facebook-juaranya-BHY8q

Yuan, S., & Lou, C. (2020). How Social Media Influencers Foster Relationships with Followers: The Roles of Source Credibility and Fairness in Parasocial Relationship and Product Interest. Journal of Interactive Advertising, 0(0), 133–147.

Digjaya Nata Nagara, & Hendrati. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Produk Pakaian dengan Kualitas Pelayanan Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 55–61. https://doi.org/10.29313/jrmb.v2i1.1001

Nurhikmah, F., Ansari, D., 2, H., & Nurgraha, Y. D. (2023). Pengaruh Electronic Word of Mouth, Electronic Service Quality, dan Electronic Trust terhadap Purchase Decision pada Pengguna Shopee di Kota Bandung. 1(1), 27–34. https://doi.org/10.29313/iconomics.v1i1.xxx

Rachmi Oktora Citra Rahayu, & Hendrati Dwi Mulyaningsih. (2022). Pengaruh Content Marketing dan Dukungan Influencer terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Fashion. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 136–145. https://doi.org/10.29313/jrmb.v1i2.544

Published
2024-01-27