Pengaruh Kesadaran Merek terhadap Loyalitas Pelanggan

  • Mulqi Hakim Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung
  • Ratih Tresnati Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung
Keywords: Kesedaran Merek, Loyalitas Pelangga

Abstract

Abstract. Raisu Japanese Rice Bar is a culinary cafe business venture that carries the concept of Japanese food and drinks located on Jl. Kanayakan Baru, Bandung City. The intense competition in the culinary cafe business in the city of Bandung has resulted in culinary business actors implementing marketing strategies to gain customer loyalty, one of the marketing strategies that can increase customer loyalty is brand awareness. Based on this phenomenon, the problems in this study are formulated as follows: (1) How is Brand Awareness implemented at Cafe Raisu Japanese Rice Bar? (2) How is Customer Loyalty implemented at Cafe Rasiu Japanese Rice Bar? (3) How big is the influence of Brand Awareness on Customer Loyalty at Cafe Raisu Japanese Rice Bar?. Researchers used a survey method. The population selected in this study were consumers at Cafe Raisu Japanese Rice Bar. Using the sampling technique, namely Non-Probability Sampling with the Slovin formula, the number of research samples was 150 consumers. Data collection techniques used in this study were questionnaires, interviews, observation, and literature study. The data analysis techniques used in this study are descriptive analysis techniques and verification analysis techniques consisting of Reliability Test, Validity Test, Classical Assumption Test, Correlation Test, T Test, Linear Regression Analysis and Determination Coefficient Test. The results of this study are: There is a positive and significant influence of Brand Awareness on Customer Loyalty. By 18.7%.

Abstrak. Raisu Japanese Rice Bar merupakan usaha bisnis kuliner cafe yang mengusungkan konsep makanan dan minuman khas Jepang bertempat di Jalan Kanayakan Baru Kota Bandung. Persaingan usaha bisnis kuliner cafe yang ketat di Kota Bandung mengakibatkan para pelaku bisnis usaha kuliner menerapkan strategi Pemasaran agar mendapatkan Loyalitas Pelanggan, salah satu strategi pemasaran yang dapat meningkatkan Loyalitas pelanggan yaitu Kesadaran Merek.Berdasarkan fenomena tersebut, maka permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: (1) Bagaimana pelaksanaan Kesadaran Merek pada Cafe Raisu Japanese Rice Bar? (2) Bagaimana pelaksanaan Loyalitas Pelanggan pada Cafe Rasiu Japanese Rice Bar? (3) Seberapa besar pengaruh Kesadaran Merek terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Cafe Raisu Japanese Rice Bar?. Peneliti menggunakan metode  survey. Populasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah Konsumen pada Cafe Raisu Japanese Rice Bar. Dengan teknik pengambilan sampel yaitu Non-Probability Sampling dengan rumus Slovin diperoleh jumlah sampel penelitian sebanyak 150 Konsumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, wawancara, observasi, dan studi pustaka. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknis analisis deskriptif dan teknik analisis verifikatif yang terdiri dari Uji Reliabilitas, Uji Validitas, Uji Asumsi Klasik, Uji Korelasi, Uji T , Analisis Regresi Linear Sederhana dan Uji Koefesien Determinasi. Hasil dari penelitian ini adalah: Terdapat Pengaruh positif dan signifikan  Kesadaran  Merek terhadap Loyalitas Pelanggan. Sebesar 18,7%.

 

References

Whidya, Utami Christina. 2014. Manajemen Ritel Strategi dan Implementasi Ritel Modern. Jakarta: Salemba Empat.Djaslim S. Intisari Pemasaran dan Unsur-unsur Pemasaran. Bandung: Linda Karya; 2003.
Aaker, A. D. (2018). Manajemen Ekuitas Merek (1st ed.). Jakarta: Mitra Utama
Griffin, Jill. 2012. Customer Loyalty: Menumbuhkan & Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga.
Ratih Hurriyati. 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung. Alfabeta
Swasty, Wirania. 2016. Branding: Memahami dan Merancang Strategi Merek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kotler, Philip & Keller, kevin Lane. 2016. Marketing Management 15th Edition. England: Pearson
Sadat, M. Andi. 2009. Brand Belief: Strategi Membangun Merek Berbasis Keyakinan. Jakarta: Salemba Empat
Sivaram,Agung Hudaya, dan Hapzi Ali. 2019.” Building A Purchase And Purchase Decision: Analysis Of Brand Awareness And Brand Loyalty (Case Study Of Private Label Products At Alfamidi Stores In Tangerang City) ”
Lusiah. 2018. Loyalitas Pelanggan Berdasarkan Hasil Penelitian Pada Mahasiswa Universitas Swasta di Kota Medan. Yogyakarta: Deepublish
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Published
2023-08-05