Pengaruh Ekuitas Merek dan Strategi Harga terhadap Keputusan Pembelian

  • Alldi Surya Abdul Rasid Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Septiana Ayu Estri Mahani Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Moch. Malik Akbar Rohandi Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Keywords: Ekuitas Merek, Strategi Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

Abstract. This study aims to determine how brand equity, pricing strategy, and purchasing decisions are described, and to determine how much influence brand equity and pricing strategy have on purchasing decisions at CV Prima Surya Abadi. The factors tested in this study are brand equity and pricing strategy as independent variables. While the purchase decision as the dependent variable. The research method used in this research is descriptive and verification method. The population in this study are consumers of CV Prima Surya Abadi, totaling 124 consumers based on 2022 data. The sampling technique used in this study is the probability sampling technique with the simple random sampling method, and uses the slovin formula with a significance level of 10%, so that the sample in research of 55 consumers at CV Prima Surya Abadi. The analytical method used in this study is multiple linear regression analysis at a significance level of 10%. Based on the results of partial and simultaneous research, it shows that brand equity and pricing strategy have a significant effect on purchasing decisions at CV Prima Surya Abadi. In addition, the magnitude of the influence of brand equity and pricing strategy in contributing to the influence on purchasing decisions is 66.3%.

Keywords: Brand Equity, Pricing Strategy and Purchase Decision.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran ekuitas merek, strategi harga, dan keputusan pembelian, serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh ekuitas merek dan strategi harga terhadap keputusan pembelian di CV Prima Surya Abadi. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah ekuitas merek dan strategi harga sebagai variabel independen. Sedangkan keputusan pembelian sebagai variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen CV Prima Surya Abadi yang berjumlah 124 konsumen berdasarkan data tahun 2022. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik probability sampling dengan metode simple random sampling, serta menggunakan rumus slovin dengan tingkat signifikansi 10%, sehingga sampel dalam penelitian sebanyak 55 konsumen pada CV Prima Surya Abadi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda pada taraf signifikansi sebesar 10%. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial dan simultan menunjukan bahwa ekuitas merek dan strategi harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di CV Prima Surya Abadi. Selain itu besarnya pengaruh ekuitas merek dan strategi harga dalam memberikan kontribusi pengaruh terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 66,3%.

Kata Kunci : Ekuitas Merek, Strategi Harga dan Keputusan Pembelian

References

[1] Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2018. Prinsip-Prinsip Marketing. Jakarta : Salemba Empat
[2] Merya, Clara dkk. (2021). Pengaruh Ekuitas Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pakaian Anak Osella Kids Matahari Department Store Manhattan Medan). Ensiklopedia Education Review. Vol. 3 No.2 Agustus 2021. EISSN 2657-0289. Fakultas Sosial dan Sains Universitas Pembangunan Panca Budi.
[3] Aaker A. David. (2018). Manajemen Ekuitas Merek. Jakarta : Mitra Utama.
[4] Tjiptono. 2019. Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. Yogyakarta : Andi Offset.
Published
2023-08-06