Pengaruh Harga dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian di Banjarsari

  • Maydy Indira Hermayadi Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Islam Bandung
  • Nina Maharani Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Islam Bandung
  • Moch. Malik Akbar Rohandi Manajemen Bisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Keywords: Harga, Citra Merek, Keputusan Pembelian

Abstract

Abstract. This study aims to find out how price, brand image and purchasing decisions are described at Payun Kopi Banjarsari, and how much influence price, brand image and purchasing decisions have. This research is a type of descriptive and verification research using quantitative research methods. The sampling technique used in this study was purposive sampling. The population in this study were consumers who had bought drinks and food at Payun Kopi shops, with a sample of 100 respondents. Data analysis used in this research is descriptive and verification analysis using multiple linear regression analysis with hypothesis testing using t-test and f-test analysis. The results showed that partially price and brand image have a significant and positive effect on purchasing decisions, and price and brand image simultaneously have an effect on purchasing decisions.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran harga, citra merek dan keputusan pembelian di Payun Kopi Banjarsari, serta seberapa besar pengaruh harga, citra merek dan keputusan pembelian. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dan verifikatif dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif, Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling, populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli Minuman dan Makanan di kedai Payun Kopi, dengan sampel sebanyak 100 responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan verifikatif menggunakan analisis regresi linier berganda dengan pengujian hipotesis menggunakan analisis uji-t dan uji-f. Hasil penelitian menunjukkan hasil bahwa secara parsial harga dan citra merek memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian, serta harga dan citra merek secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian

References

[1] Aisyah, R. A. (2017). Pengaruh Citra Merek dan Keluarga Terhadap Keputusan Pembelian. Bussiness and Finance Journal, Volume 2, No. 1, March 2017, 2.
[2] Amalia, N. (2019). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. JSMB Vol. 6 (2) 2019 hlm. 96-104, 6, 96-104.
[3] Amstrong, K.dan Kotler, P. (2018). Principles of Marketing. London Pearson.
[4] Assauri, S. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.
[5] Andriani, RD. dan Maharani, N. (2019). Pengaruh Electronic Word of Mouth Melalui Youtube dan Harga. Volume 5, No. 2, Tahun 2019, 5, 787- 792.
[6] Agustina, E. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Percetakan Aneka Jaya Pematangsiantar. Vol.5, No. 1, juni 2019, 38-49.
[7] Beritasatu.com
[8] Ghozali, i. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
[9] (Indonesia, 2020)
[10] Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Principles of Marketing. London: Pearson
[11] Lubis, S. A. (2017). pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap keputusan pembelian pelanggan pada PT Lovely holidays Tours And travel Cabang pematangsiantar. 2502-4434 Vol. 3, No. 1, JUNI 2017, 31-39.
[12] Mahir Pradana, A. W. (2021). The Impacts of Threat Emotions and Price on Indonesians’ Smartphone Purchasing Decisions. Journal of Asian Finance, Economics and Business Vol 8 No 2 (2021), 8, 1017–1023.
[13] Mulyono. (2018). Berprestasi melalui JFP Ayo Kumpulkan angka kreditmu. Yogyakarta.
[14] Pratama,M.Y. dan Maharani, N. (2022). Pengaruh Brand Image dan Electronic Word Of Mouth Melalui. Volume 2, No. 1, Tahun 2022, 2, 751-756.
[15] Rizkia, D. Dan Madiawati. (2021). Pengaruh Perilaku konsumen, store Atmosphere dan harga terhadap keputusan pembelian pada Aditi Coffe House & Space di era Pandemi covid-19. Jurnal Manajemen dan Bisnis: Performa Vol. 18, No. 1 Maret 2021, 18.
[16] Samosir, RD, Dkk. (2017). penetapan strategi harga pada produk Indihome (studi kasus: PT Telekomuniasi Indonesia, TBK cabang gegerkalong Bandung. Vol.3, No.2 Agustus 2017, 3, 565-570.
[17] Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.
[18] sutrisna, N. A. (2018). Pengaruh kualitas produk, Harga, Pomosi dan distribusi terhadap minat beli konsumen toko Vizcake. Vol. 5: Edisi II Juli – Desember 2018, 5, 1-15.
[19] Tjptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
[20] Wachyuni, SS, Dkk. (2021). An Empirical Study Of Food Blogger Influence On Coffe Shop Brand Image And consumer Purchase Decision In Delapan Gram. Vol 07 No 01, 2021, 07, 257-270
[21] Yuliani, R. dan Tresnati, R. (2020). Pengaruh Harga dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian di Youth Cleanshoes 22 Kota Bandung. Volume 6, No. 1, Tahun 2020, 6, 590
Published
2023-08-06