Pengaruh Celebrity Endorser dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Kosmetik Skincare Merek Azarine
Abstract
Abstract. This study aims to determine Celebrity endorser and Brand Image on Azarine Brand Skincare Cosmetics in Bandung City and to find out respondents' responses regarding Celebrity endorser and Brand Image and to find out how much influence Celebrity endorser and Brand Image have on Purchasing Decisions on Azarine Brand Skincare Cosmetics in Bandung City. This type of research uses descriptive and verification methods, uses a quantitative approach by operating the calculations using the IBM SPSS V26 program and the sampling technique uses probability sampling to be precise using simple random sampling. Then get a sample of 100 people from the existing population. The population in this study were consumers who had purchased Azarine Brand Skincare Cosmetics. The data analysis method in this study uses multiple linear regression analysis with the aim of knowing the direction of the relationship between the Celebrity endorser (X1) and Brand Image (X2) variables with the Purchase Decision variable (Y). Thus the result is that the Celebrity endorser variable partially has a significant effect on Purchasing Decisions. Then Brand Image partially has a significant effect on Purchasing Decisions. As well as the Celebrity endorser and Brand Image variables simultaneously have a significant effect on the Purchase Decision of Azarine Skincare Brand Cosmetics in the City of Bandung.
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Celebrity endorser dan Citra Merek pada Kosmetik Skincare Merek Azarine di Kota Bandung dan untuk mengetahui tanggapan responden mengenai Celebrity endorser dan Citra Merek serta mencari seberapa pengaruh antara Celebrity endorser dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Kosmetik Skincare Merek Azarine di Kota Bandung. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengoperasikan perhitungannya menggunakan program IBM SPSS V26 dan teknik penarikan sampel menggunakan probability sampling tepatnya menggunakan simple random sampling. Kemudian di dapat sampel sebanyak 100 orang dari populasi yang ada. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah melakukan pembelian Kosmetik Skincare Merek Azarine. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan tujuan untuk mengetahui arah hubungan antara variabel Celebrity endorser (X1) dan Citra Merek (X2) dengan variabel Keputusan Pembelian (Y). Dengan demikian didapat hasil bahwa variabel Celebrity endorser secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Kemudian Citra Merek secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Serta variabel Celebrity endorser dan Citra Merek secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Skincare Merek Azarine di Kota Bandung.
References
[2] Compas. (2022). 10 Brand Skincare Lokal Terlaris di Online Marketplace.
https://compas.co.id/article/brand-skincare-lokal-terlaris/.
[3] Kumparan.com (2018). Fenomena Celebrity endorser sebagai Strategi Pemasaran. https://www.kompasiana.com/
[4] Micael Y, A, Hendra N.T dan Michae R (2017). Pengaruh Celebrity endorser dan Citra
|Merek Tehadap Keputusan Membeli Motor Honda Beat di Kota Manado. Jurnal EMBA Vol. 5 No 2