Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen pada Cafe Teras Sentani

  • Ramanda Jundi Wafi Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Islam Bandung
  • Nina Maharani Manajemen Bisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Mochamad Malik Akbar Rohandi Manajemen Bisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Keywords: Kualitas Pelayanan, Lokasi, Kepuasan Konsumen

Abstract

Abstract. This study aims to determine the implementation and responses of respondents about the quality of Service and location at Café Teras Sentani. To determine the effect of partial and simultaneous quality of Service and location on customer satisfaction at Café Teras Sentani. The research method used is survey method. The type of research used is quantitative. The sampling technique is Purposive Sampling technique and the sample in this study is 100 respondents who have been to Batas Kata Cafe. Data collection techniques used are questionnaires and interviews. Data analysis method used is multiple linear regression analysis to determine the effect of independent variables and dependent variables. The results of this study stated that the implementation and responses of respondents regarding the quality of Service and location are considered good. Service quality and location partially and simultaneously significantly affect customer satisfaction.
Keyword: Service Quality, Location, Customer Satisfaction.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan dan tanggapan responden mengenai kualitas pelayanan dan lokasi pada Café Teras Sentani. Untuk mengetahui besar pengaruh secara parsial dan simultan kualitas pelayanan dan lokasi terhadap kepuasan konsumen pada Café Teras Sentani. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Jenis penelitian yang digunakan bersifat kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan yaitu Teknik Purposive Sampling dan Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang responden yang pernah berkunjung ke Batas Kata Cafe. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Kuesioner dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh variabel independen dan variabel dependen. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penerapan dan tanggapan responden mengenai kualitas pelayanan dan lokasi dinilai baik. Kualitas pelayanan dan lokasi secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Lokasi, Kepuasan Konsumen.

References

[1] Arianto, Nurmin. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan kepuasan dan loyalitas pengunjung dalam mengunkan jasahotel rizen kedaton. Bogor. 1(2), 83–101.CV Alfabeta
[2] Atmanegara, Stivani Yanti, Cahyono, Dwi, Qomariah, Nurul, & Sanosra, Abadi. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Hotel Ijen View Bondowoso. Indonesia Journal Of Management Science And Business.
[3] Loindong, Sjendry, Chairudin Sofyan, Jantje L.Sepang. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Wht’s Up Café Manado. Jurnal EMBA, Vol.7 No. 2: 30-42.
[4] Kotler, Philip dan Amstrong. (2018). Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Salemba Empat. Jakarta
[5] Maulana, Muhammmad Rizky, Dede R. Oktini, Mochamad Malik Akbar R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Sate Banyumas Kota Bandung. Bandung : Universitas Islam Bandung.
[6] McNeil, Paige., & Young, Cheri A. (2019). Customer satisfaction in gourmet food trucks: Exploring attributes and their relationship with customer satisfaction. Journal of Foodservice Business Research,
[7] Pai, Fan Yun, Tsung Ming Yeh, dan Cheng Yeh Tang. (2016). Classifying restaurant service quality attributes by using Kano model and IPA approach. National Changhua University of Education, Changhua, Taiwan.
[8] Rahmadani, Fitri, I. Made Suardana, & Hengki Samudra. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk, Harga Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Ud. Eva Group Mataram. Process Engineering (London) 83(Suppl.):19.
[9] Senggetang, Vania, Mandey, Silvia dan Silcyljeovadan Moniharapon. (2019).Pengaruh Lokasi, Promosi Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Perumahan Kawanua Emerald City Manado.Jurnal EMBA Vol.7 No.1 Januari, Hal. 881 – 890. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
[10] Sekaran, Uma dan Roger Bougie, (2017), Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahlian, Edisi 6, Buku 1, Cetakan Kedua, Salemba Empat, Jakarta Selatan 12610.
[11] Tannady, Hendy., Nurprihatin, Filscha., and Hartono, Hendy. (2018). Service quality of two of the largest retail chains with minimart concept in Indonesia. Business: Theory and Practice, 19, 177-185.
[12] Tripayana, Satya, & Pramono, Jaya. (2020). Kualitas Produk, Pelayanan, dan Loyalitas Pelanggan Dimana Kepuasan Sebagai Variabel Intervening pada UKM Start Up Pariwisata Kombuchi Brewing Co, Bali. Jemap, 2(2), 182.
[13] Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat (bps.go.id)
Published
2023-08-06