Pengaruh Brand Image terhadap Repurchase Interest yang di Moderasi oleh Consumer Trust

  • Rachel Berry Ivanna Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung
  • Hendrati Dwi Mulyaningsih Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung
  • Rezi Muhamad Taufik Permana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung
Keywords: Brand Image, Repurchase Interest, Consumer Trust

Abstract

Abstract. The rapid development of technology and information has made people in Indonesia more open to global knowledge. This affects a person's behavior from regular shopping in person (offline) to shopping online through e-commerce platforms. Sociolla is an e-commerce in Indonesia that offers various types of original beauty products such as makeup, skin care, hair care and beauty tools. To be able to survive in a competitive market requires an effort to create strong consumer trust and a brand image that will be attached continuously so that it can form consumer desires to shop again. This research was conducted with the aim of examining the effect of brand image on repurchase intention moderated by consumer trust. The method used in this study is a survey method with a questionnaire instrument as the data collection technique. The object of this research is students in the city of Bandung who use the Sociolla e-commerce application, totaling 200 people. The sampling technique in this study used purposive sampling. There are two hypotheses in this study. To test the hypothesis, the techniques used are simple regression analysis and MRA (Moderated Regression Analysis). The results of this study indicate that there is a positive and significant influence between brand image and repurchase intention of 44.1% in the Sociolla e-commerce online store application. Furthermore, the existence of consumer trust can strengthen and enhance the relationship between brand image and repurchase intention of 47.5% in the Sociolla e-commerce online store application.

Abstrak. Pesatnya perkembangan teknologi dan informasi membuat masyarakat di Indonesia semakin terbuka akan pengetahuan global. Hal tersebut mempengaruhi perilaku seseorang dari biasa belanja secara langsung (offline) menjadi berbelanja secara online melalui platform e-commerce. Sociolla adalah salah satu e-commerce di Indonesia yang menawarkan berbagai jenis produk kecantikan original seperti makeup, perawatan kulit, perawatan rambut, dan alat kecantikan. Untuk dapat bertahan di pasar yang kompetitif memerlukan sebuah upaya untuk menciptakan kepercayaan konsumen yang kuat dan citra merek yang akan melekat secara terus menerus sehingga dapat membentuk keinginan konsumen untuk belanja kembali. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji Pengaruh Citra Merek terhadap Minat Beli Ulang yang di Moderasi oleh Kepercayaan Konsumen. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah metode survei dengan instrumen kuesioner sebagai teknik pengumpulan datanya. Objek penelitian ini ialah mahasiswa di kota Bandung pengguna aplikasi e-commerce Sociolla yang berjumlah 200 orang. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Terdapat dua hipotesis yang ada pada penelitian ini. Untuk menguji hipotesis, teknik yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana dan MRA (Moderated Regression Analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara citra merek terhadap minat beli ulang sebesar 44,1% pada aplikasi online store e-commerce Sociolla. Selanjutnya, dengan adanya kepercayaan konsumen dapat memperkuat dan meningkatkan hubungan antara citra merek terhadap minat beli ulang sebesar 47,5% pada aplikasi online store e-commerce Sociolla.

References

[1] Latief1, F., & Ayustira2, N. Kosmetik di Sociolla (Vol. 6, Issue 1). 2020.
[2] iprice.co.id. Peta E Commerce Indonesia. IPrice Insight. 2021.
[3] Prabandini, R. T.,, I, & Rachmawati. Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Informasi terhadap Minat Beli Ulang Sociolla. Bisnis: Performa, 18(1). 2021.
[4] Wijaya Riki, H., & Tri Astuti, S. R. The Effect of Trust and Brand Image to Repurchase Intention in Online Shopping. KnE Social Sciences, 3(10), 915. 2018.

[5] Utami, N., Silalahi, P. R., & Tambunan, K. Pengaruh Brand Ambasador Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Tokopedia (Studi Kasus Remaja Kota Medan). 2022.
[6] Bronto Edy, & Setiawati Elis. Implementasi E-commerce dengan Menggunakan Metode B2C (Business to Customer). Jurnal Sisfotek Global. 2016.
[7] Putri, H. Pembentukan Citra Sebuah Perusahan. 2021.
[8] Sanjaya Dika Ardimas, K., & Gst AKt Sri Ardani, I. Pengaruh Brand Image Dalam Memidiasi Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang. 2018.
Published
2023-08-01