Pengaruh Budaya Kerja Perawat terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Bayu Asih Purwakarta

  • Avivah Ochtavianti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung
  • Firman Shakti Firdaus Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung
Keywords: Budaya Kerja, Kepuasan Pasien, Rumah Sakit

Abstract

Abstract. People are increasingly aware of using the best medical services at hospitals. A hospital is able to get good accreditation if the hospital can have human resources capable of providing excellent service to the patients and able to provide patient satisfaction so as to create a good image for the hospital. Factors from human resources such as nurses who have a good work culture so that they can provide patient satisfaction. This study aims to find out: 1) how is the working culture of nurses at Bayu Asih Hospital in Purwakarta. 2) what is the condition of patient satisfaction at the Bayu Asih Hospital in Purwakarta. 3) how does the work culture of nurses affect patient satisfaction at Bayu Asih Hospital Purwakarta. This study uses a quantitative research approach, using descriptive and verification methods and operating the calculations using the SPSS version 25 program. Collecting data obtained through questionnaires, observation, and interviews. The sampling technique is Stratified Random Sampling using the Slovin formula. Respondents in this study were inpatients at Bayu Asih Hospital, Purwakarta, totaling 93 respondents. The results of the study showed that: 1) the work culture of nurses at the Bayu Asih Hospital in Purwakarta was included in the sufficient category. 2) patient satisfaction at Bayu Asih Hospital Purwakarta is included in the Enough category. 3) There is a significant influence between work culture on patient satisfaction at Bayu Asih Hospital Purwakarta.

Abstrak. Saat ini, masyarakat semakin menyadari untuk menggunakan layanan medis yang terbaik di Rumah Sakit. Rumah sakit mampu mendapatkan akreditasi yang baik apabila memiliki SDM yang mampu memberikan pelayanan prima kepada pasien dan mampu memberikan kepuasan terhadap pasien sehingga dapat menimbulkan citra yang baik untuk rumah sakit tersebut. Faktor dari SDM tersebut seperti perawat yang memiliki budaya kerja yang baik sehingga dapat memberikan kepuasan terhadap pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) bagaimana kondisi budaya kerja perawat di RSUD Bayu Asih Purwakarta. 2) bagaimana kondisi kepuasan pasien di RSUD Bayu Asih Purwakarta. 3) bagaimana pengaruh budaya kerja perawat terhadap kepuasan pasien di RSUD Bayu Asih Purwakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan metode deskriptif dan verifikatif dan mengoperasikan perhitungannya menggunakan program SPSS versi 25. Pengumpulan data yang diperoleh melalui kuesioner, observasi, dan wawancara. Teknik penarikan sampel adalah Stratified Random Sampling dengan menggunakan rumus slovin. Responden dalam penelitian ini adalah pasien rawat inap di RSUD Bayu Asih Purwakarta yang berjumlah 93 responden. Hasil penelitian didapatkan bahwa: 1) budaya kerja perawat di RSUD Bayu Asih Purwakarta termasuk ke dalam kategori cukup. 2) kepuasan pasien di RSUD Bayu Asih Purwakarta termasuk ke dalam kategori Cukup. 3) terdapat pengaruh yang signifikan antara budaya kerja terhadap kepuasan pasien di RSUD Bayu Asih Purwakarta.

References

Budaya Kerja
Published
2023-08-07