Analisis Perbandingan Profitabilitas Sebelum dan di Masa Pandemi Covid-19 pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar pada Indeks Lq45 dan Bisnis27 Periode Juli 2018 – Desember 2019 dan Januari 2020 – Juni 2021

  • Rizqi Muhyi Alfi Alhasbi Manajemen
  • Handri Manajemen - Ekonomi dan Bisnis
  • Azib
Keywords: Profitabilitas, GPM, NPM

Abstract

Abstract. This study aims to compare the profitability of the food and beverage sub-sector companies before and during the COVID-19 pandemic listed on the LQ45 and BISNIS27 indexes. The company's profitability is seen from the ratio of Gross Profit Margin (GPM), Net Profit Margin (NPM), Return On Assets (ROA) and Return On Equity (ROE). In this study using a quantitative type method. The type of research conducted is a research procedure that produces data in the form of numbers presented in the form of percentages regarding the results of data analysis on profitability with the ratios of Gross Profit Margin (GPM), Net Profit Margin (NPM), Return On Assets (ROA) and Return On Equity (ROE). The data used is secondary data which is a quarterly financial report obtained from the official website of each company. The subjects of this study were 5 food and beverage sub-sector companies listed on the LQ45 and BISNIS27 indexes. The data analysis of this research used paired sample T-test analysis. The results showed that studies in 4 financial ratios namely GPM, NPM, ROA and ROE during the COVID-19 pandemic showed significant differences. For the ratio of Gross Profit Margin (NPM) and Net Profit Margin (NPM) the difference leads to an increase in profitability. Meanwhile, the ratio of Return On Assets (ROA) and Return On Equity (ROE) leads to a decrease in profitability.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan pada profitabilitas perusahaan sub sektor makanan dan minuman sebelum dan di masa pandemi COVID-19 yang terdaftar pada indeks LQ45 dan BISNIS27. Profitabilitas perusahaan dilihat dari rasio Gross Proft Margin (GPM), Net Profit Margin (NPM), Return On Asets (ROA) dan Return On Equity (ROE). Dalam penelitian ini menggunakan metode jenis kuantitatif. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data berupa angka yang disajikan dalam bentuk persentase mengenai hasil analisis data tentang profitabilitas dengan rasio rasio Gross Proft Margin (GPM), Net Profit Margin (NPM), Return On Asets (ROA) dan Return On Equity (ROE). Data yang digunakan yaitu merupakan data sekunder yang merupakan laporan keuangan per triwulan yang diperoleh dari web resmi masing-masing perusahaan. Subjek penelitian ini adalah 5 perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar pada indeks LQ45 dan BISNIS27. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis paired sample T-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa studi dalam 4 rasio keuangan yaitu GPM, NPM, ROA dan ROE di masa pandemi COVID-19 menunjukkan perbedaan yang signifikan. Untuk rasio Gross Profit Margin (NPM) dan Net Profit Margin (NPM) perbedaan yang mengarah pada peningkatan profitabilitas. Sedangkan untuk rasio Return On Aset (ROA) dan Return On Equity (ROE) mengarah pada penurunan profitabilitas.

Published
2022-01-19