Pengaruh Beban Kerja terhadap Kinerja Karyawan Café & Resto Teras Ciseupan Cimahi

  • Bellasepti Aisyah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung
  • Sri Suwarsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung
  • Indra Fajar Alamsyah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung
Keywords: Beban kerja, Kinerja Karyawan, Workload

Abstract

Abstract. Human resources have an important role in the success of achieving organizational goals, therefore the success or failure of all organizations depends on the ability possessed by human resources in carrying out their duties and functions. One of the factors that affect the success rate of an organization is employee performance. Efforts to improve employee performance include paying attention to their workload. This study took the object of research at Café & Resto Teras Ciseupan Cimahi. This study aims to analyze the level of workload, employee performance and, also to determine the effect of workload on employee performance. Sampling is done using saturated sampling technique or total sampling where the determination of the sample is taken from all members of the population used as a sample with a population of 32 employees. The types and sources of data used are primary and secondary data. While the data collection technique in this study used a questionnaire. The method used in this research is quantitative method with simple linear regression analysis using SPSS Version 24 software and the data analysis technique used is descriptive analysis. The results showed that: (i) Workload of Café & Resto Teras Ciseupan Cimahi employees is included in the high category, this is measured from the dimensions of irregularity, overtime work, acceleration of work and the number of tasks given by superiors. (ii) Employee Performance is in the good category (iii) Workload partially affects the performance of employees of Teras Ciseupan Café & Resto Cimahi.

Abstrak. Sumber daya manusia memiliki peranan penting dalam keberhasilan untuk mencapai tujuan organisasi, Oleh karena itu berhasil atau tidaknya semua organisasi tergantung pada kemampuan yang dimiliki oleh sumber daya manusia dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat keberhasilan suatu organisasi adalah kinerja karyawan. Usaha untuk meningkatkan kinerja karyawan, diantaranya adalah dengan memperhatikan beban kerjanya. Penelitian ini mengambil objek penelitian di Café & Resto Teras Ciseupan Cimahi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat beban kerja, kinerja karyawan dan, juga untuk mengetahui pengaruh Beban kerja terhadap Kinerja Karyawan. Pengambilan sampel yang dilakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh atau sampling total yang mana penentuan sampel diambil dari semua anggota populasi digunakan sebagai sampel dengan jumlah populasi 32 karyawan. Jenis dan sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Sedangkan Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket (kuesioner). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan analisis regresi linear sederhana dengan menggunakan software SPSS Versi 24 dan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (i) Beban Kerja karyawan Café & Resto Teras Ciseupan Cimahi termasuk dalam kategori tinggi, hal ini diukur dari dimensi ketidakteraturan, kerja lembur, percepatan pekerjaan dan banyaknya tugas yang diberikan oleh atasan. (ii) Kinerja Karyawan termasuk dalam kategori baik (iii) Beban Kerja secara parsial mempengaruhi Kinerja Karyawan Café & Resto Teras Ciseupan Cimahi.

References

[1] Wicaksana, A., & Rachman, T. (2018). Angewandte Chemie International Edition, 6(11).
[2] Putro, S. W. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(1), 1–9.
[3] Damayanti, S. dan R. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Indomedia Pustaka Mangkunegara, A. A. A. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan.
[4] Nursangadah, & Tjahjaningsih, E. (2017). Mediasi Komitmen Organisasional (Studi Pada Balai Diklat Keagamaan Semarang). Jurnal UNISBANK, 3(1), 629–639.Durianto D. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama; 2001.
[5] Mangkunegara, A. A. A. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan.
Published
2023-07-28