Pengaruh Pemasaran Relasional dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen pada Toko Toko di Bandung Electronic Center

  • Rizky Chilnadi Putra Pratama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung
  • Dedy Ansari Harahap Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung
Keywords: Pemasaran Relasional, Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen

Abstract

Abstract. his research was conducted to determine the description of relational marketing, product quality and consumer satisfaction Bandung Electronic Center, Knowing the effect of relational marketing on Consumer Satisfaction Bandung Electronic Center, Knowing the effect of product quality on Consumer Satisfaction Bandung Electronic Center, Knowing the Effect of Relationship Marketing and Product Quality on Consumer Satisfaction Bandung Electronic Center. Quantitative research methods are used to examine certain populations or samples, sampling techniques are carried out randomly, data collection uses research instruments with the aim of testing the hypotheses that have been set. So it can be concluded that Relational Marketing and Product Quality, Results This study shows that relational marketing partially has a significant effect on customer satisfaction, product quality partially has a significant effect on customer satisfaction. Then simultaneously relational marketing and product quality have a significant effect on customer satisfaction.

Abstrak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran pemasaran relasional, kualitas produk dan kepuasan konsumen Bandung Electronic Center, Mengetahui pengaruh pemasaran relasional terhadap Kepuasan Konsumen Bandung Electronic Center, Mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap Kepuasan Konsumen Bandung Electronic Center, Mengetahui Pengaruh Pemasaran Relasional Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Bandung Electronic Center. Metode penelitian kuantitatif, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sampel dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Maka dapat disimpulkan bahwa Pemasaran Relasional dan Kualitas Produk, secara simultan berperan signifikan terhadap variabel Kepuasan Konsumen pada Pelanggan Bandung Electronic Center (BEC). Hasil penelitian ini menjunjukan bahwa pemasaran relasional secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, kualitas produk secara parsial berpengaruh sigifikan terhadap kepuasan konsumen. Lalu secara simultan pemasaran relasional dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen.

References

Arisandy, Y., & Satriawan, R. (2018). PROMOSI DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN TINJAUAN MANAJEMEN SYARIAH. AL-INTAJ, Vol. 4, No. 1, 74-88.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
A Harahap, D. A., & Amanah, D. (2019). Studi Kepuasan Nasabah PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk Kantor Cabang Pembantu UPI Bandung. Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa), Vol.16(1), 29-38.. Shimp T. Periklanan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. 5th ed. Jakarta: Erlangga; 2000.
Harahap, D. A., & Amanah, D. (2019). Why relational marketing impacts on bank’s customer. BISMA (Bisnis Manajemen), 12(1), 43-53.
Harahap, D. A. (2020). What Is The Reason For Consumer Buying At Indonesia SMEs Market. PalArch's Journal of Archaeology of Egypt/ Egyptology, 17:(4), 507-524.
Kotler, P., & Keller, K. (2012). Manajemen Pemasaran jilid 1 (12 ed.). (Tjiptono, Trans.) Jakarta: Erlangga
Published
2023-07-28