Pengaruh Harga dan Variasi Produk terhadap Minat Beli Konsumen

  • Mohamad Shobron Syakur Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung
  • Hendrati Dwi Mulyaningsih Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung
  • Yudha Dwi Nugraha Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung
Keywords: Harga, Variasi Produk, Minat Beli

Abstract

Abstract. This study focuses on the effect of price and product variety on purchase intention. The purpose of this study was to determine the effect of price and product variety on consumer purchase interest in Fassex Leather. This research is included in the type of descriptive and verification research using a quantitative approach. The sampling technique used is nonprobability sampling with a purposive sampling approach. The population used is consumers who have purchased Fassex Leather products aged 18-70 years who live in Garut City. The sample used in the study amounted to 190 respondents. The data analysis used is descriptive and statistical analysis using multiple linear regression, t statistical test, and F statistical test. The results of this study indicate that partially there is a significant influence between Price on Purchase Intention and partially there is a significant influence between Product Variation on Purchase Intention. And simultaneously there is a significant influence between Price and Product Variation on Purchase Intention.

Abstrak. Penelitian ini berfokus kepada pengaruh Harga dan Variasi Produk terhadap Minat beli, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Harga dan Variasi Produk terhadap Minat beli konsumen Fassex Leather. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian deskriptif dan verifikatif menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan yaitu nonprobability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Populasi yang digunakan merupakan konsumen yang pernah melakukan pembelian produk Fassex Leather dengan usia 18-70 tahun yang berdomisili di Kota Garut. Sampel yang digunakan pada penelitian berjumlah 190 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan statistik dengan menggunakan regresi linear berganda, uji statistik t, dan uji statistik F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara Harga terhadap Minat Beli dan secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara Variasi Produk terhadap Minat Beli. Serta secara simultan terdapat pengaruh signifikan antara Harga dan Variasi Produk terhadap Minat Beli.

References

Kotler, Philip, and Gary Armstrong. 2018. “Kotler & Armstrong - Principles of Marketing 17th GLOBAL Edition 2018.” Pearson 341.
Kotler, and Keller. 2016. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. PT Indeks.
Tjiptono, Fandy, and Chandra. 2019. Strategi Pemasaran : Prinsip & Penerapan. Penerbit Andi.
Philip Kotler dan Kevin Line Keller, Manajemen Pemasaran Edisi 12, terj. Bob Sabran, (Jakarta: Erlangga, 2012), 501
Peter, J. Paul, and Jerry C. Olson. 1999. Consumer Behavior : Perilaku Dan Strategi Pemasaran. Jakarta : Erlangga, 1999.
Published
2023-07-27