Pengaruh Ukuran Perusahaan, Return On Asset dan Financial Leverage Terhadap Underpricing saham Pada Perusahaan yang melakukan Initial Public Offering ( IPO) DI Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2021

  • Frisca Tri Aprilah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung
  • Handri Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung
  • Susilo Setiyawan
Keywords: Underpricing, Initial Public Offering, Ukuran Perusahaan

Abstract

Abstract. In the current era, there are many emerging increasingly fierce business competition. With these conditions, the funding needs of a company will increase. So the company is required to obtain additional new funds. This can be done by offering and selling company shares to the public through the Stock Exchange. This study aims to determine the effect of finance on stock underpricing in companies that carry out Initial Public Offerings. on the Indonesia Stock Exchange for the 2019-2021 period. The variables used in this research are company size, return on assets (ROA) and financial leverage (DER). This research is a type of quantitative research. The type of data used is secondary data obtained from www.idx.co.id , www.finance.yahoo and the company's website. The population in this study are companies that carry out Initial Public Offerings (IPO) that are listed on the Indonesia Stock Exchange in 2019- 2021 outside of banking companies. Data analysis used the panel data method using Eviews 12. While the sample in this study was determined using a purposive sampling method so that a total of 54 companies were obtained that could be processed. The results of the study simultaneously show that firm size, return on assets and financial leverage no have effect on underpricing and partial testing shows that firm size, Return On Assets and Financial Leverage partially have effect on underpricing.  

Abstrak. Pada era sekarang banyak bermunculan persaingan bisnis yang semakin ketat. Dengan adanya kondisi tersebut membuat kebutuhan dana suatu perusahaan akan semakin meningkat. Sehingga perusahaan diharuskan untuk memperoleh tambahan dana baru. Hal ini dapat dilakukan dengan menawarkan serta menjual saham perusahaan kepada masyarakat melalui Bursa Efek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keuangan terhadap underpricing saham pada perusahaan yang melakukan Initial Public Offering. di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2021. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Ukuran Perusahaan, Return on Assets (ROA) dan Financial Leverage (DER). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id , www.finance.yahoo dan website perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang melakukan Initial Publik Offering (IPO) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2019-2021 di luar perusahaan perbankan. Analisis data menggunakan metode data panel dengan menggunakan Eviews 12. Sedangkan sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh total 54 perusahaan yang dapat diolah. Hasil penelitian menunjukan secara simultan bahwa ukuran perusahaan, return on asset dan financial leverage tidak memiliki pengaruh secara bersamasama terhadap underpricing dan pengujian secara parsial menunjukan Ukuran perusahaan, Return On Asset dan Financial Leverage secara parsial berpengaruh terhadap underpricing.

References

Basana, S. Ronni. 2003. P. (2003). Problem Anomali dalam Initial Public Offering (IPO). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 2, 181–192.
Tandelilin. (2010). Portofolio dan Investasi: Teori dan aplikasi. Edisi 1, Kanisius. Yogyakarta
Simanjuntak, N. H. B. (2020). Pengaruh Umur Perusahaan, Persentase Saham yang Ditawarkan, Inflasi, Reputasi Underwriter dan Kondisi Pasar Terhadap Underpricing Saham pada Saat Initial Public Offering (IPO) Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2015-2018.
Nurfauziah, & Ratna Sari Endang Safitri. (2013). Pengaruh Reputasi Underwriter dan Reputasi Auditor terhadap Underpricing.
Hapsari, V. A. dan M. M. Kholiq. (2012). “Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi underpricing saham pada penawaran umum perdana di BEI periode 2008 – 2010. Jurnal Manajemen, 1(1), 1–9.
Darnadji T, F. H. (2012). Pasar Modal . Salemba Empat .
Jogiyanto. (2013). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Return saham perusahaan Real Estate dan Property di Indonesia Artikel Ilmiah.
Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Alfabeta .
Published
2023-07-26