Analisis Pengendalian Proyek dengan Menggunakan Metode Critical Path Method (CPM) untuk Meminimumkan Waktu Pengerjaan Proyek

  • Nur Azmi Aulia Manajemen, Ekonomi dan Bisnis
  • Tasya Aspiranti
Keywords: Critical Path Method (CPM), Pengendalian, Proyek, Infrastruktur

Abstract

Abstract. Roads and bridges are examples of facilities and infrastructure that have been prepared to assist the national defense system in dealing with military threats and connecting regions. Road and bridge infrastructure development is a complex construction project that takes a long time and requires a lot of money. Consistent and integrated project management techniques are needed to ensure that project performance is not lower than planned. The Critical Path Method is one of the methods that can be used in project management. The purpose of this research is to determine the project management of the project Jembatan Jalan Lingkar Utara Kota Tasikmalaya/Jembatan Ciloseh by PT. Duta Mas Indah. This type of research is quantitative, using primary and secondary data. The data collection techniques used consist of observation, interviews with informants, namely the project manager, and documentation. This research also uses the Critical Path Method to process and analyze the data obtained. The results stated that by using the Critical Path Method, an estimated project completion time of 78 weeks through two critical paths with jobs on the critical path, namely A, C, L, Q, R, U, V, AE, AJ, AK, AL, AQ, AW, and AX.

Abstrak: Jalan dan jembatan merupakan bagian dari sarana dan prasarana yang disiapkan sebagai komponen pendukung sistem pertahanan negara dalam menghadapi ancaman militer dan penghubun antar daerah. Pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan merupakan proyek konstruksi yang kompleks yang memakan waktu lama dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Teknik pengendalian kinerja proyek yang konsisten dan terintegrasi diperlukan untuk memastikan bahwa kinerja proyek tidak lebih rendah dari yang direncanakan. Critical Path Method merupakan salah satu metode yang dapat digunakan dalam pengendalian proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengendalian proyek pembangunan Jembatan Jalan Lingkar Utara Kota Tasikmalaya/Jembatan Ciloseh yang dilakukan oleh PT. Duta Mas Indah. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif, dengan menggunakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi, wawancara terhadap informan, yaitu manajer proyek, dan dokumentasi. Penelitian ini juga menggunakan metode Critical Path Method untuk mengolah dan menganalisa data yang diperoleh. Hasil penelitian menyatakan bahwa dengan menggunakan Critical Path Method didapatkan satu estimasi waktu penyelesaian proyek yaitu 78 minggu melalui dua jalur kritis, dengan pekerjaan-pekerjaan yang ada pada jalur kritis yaitu A,C, L, Q, R, U, V, AE, AJ, AK, AL, AQ, AW, dan AX.

Published
2023-02-11