Pergerakan Harga Saham Perusahaan Perbankan yang Terdaftar pada Kompas 100 dengan Menggunakan Indikator Candlestick, Moving Average dan Relative Strength Index, pada Masa Pandemi Covid-19

  • Gymnas Tiar Management and Business, Economics
  • Lasmanah Management and Business, Economics
Keywords: Analisis Teknikal, Grafik Candlestick, Moving Average, RSI Oscillator, Rekomendasi Keputusan Investasi

Abstract

Abstract. This study is a case study of changes in the prices of eleven shares of banking companies registered in KOMPAS 100 for the 2020 period or can be called during the Covid-19 pandemic. This study aims to provide recommendations for investment decisions based on technical analysis on the research topic. The results of this study indicate that the technical analysis of stock price movements using these indicators can be used very well. The results of the technical analysis show that the stock price movements of banking companies listed on KOMPAS-100 are experiencing an uptrend as indicated by the candlestick chart which is then supported by the Moving Average Indicator. Investment decision recommendations appear by the RSI indicator which can be used by investors as a reference for decision making. The results of data analysis are not absolute, because each investor has different techniques such as determining the swing high and swing low points, and the time span used.

Abstrak. Studi ini merupakan studi kasus dari perubahan harga sebelas saham perusahaan perbankan yang terdaftar di KOMPAS 100 periode 2020 atau bisa disebut pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi keputusan investasi berdasarkan dengan analisis teknikal pada topik penelitian. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Populasi penelitian ini adalah pergerakan harga saham perusahaan perbankan yang terdaftar di KOMPAS-100 tahun 2020. Subjek penelitian menggunakan analisis teknikal dengan menggabungkan tiga indikator yaitu grafik candlestick, Indikator moving average, dan Indikator RSI.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis teknikal pergerakan harga saham dengan     menggunakan indikator tersebut dapat digunakan dengan sangat baik. Hasil dari analisis teknikal menunjukkan bahwa pergerakan harga saham perusahaan perbankan yang terdaftar pada KOMPAS-100 sedang mengalami trend naik yang ditunjukan dari grafik candlestick yang kemudian didukung dengan Indikator Moving Average. Rekomendasi keputusan investasi muncul oleh indikator RSI yang dapat dimanfaatkan oleh para investor sebagai acuan pengambilan keputusan. Hasil analisis data tidak bersifat mutlak, karena setiap investor memiliki teknik yang berbeda seperti penentuan titik swing high dan swing low, dan rentang waktu yang digunakan.

Published
2023-02-01