Pengaruh Employee Branding Terhadap Loyalitas Karyawan Milenial

  • Wanda Hilfuz Gumilar Manajemen
  • Sri Suwarsi Prodi Manajemen, Ekonomi dan Bisnis
  • Indra Fajar Alamsyah Prodi Manajemen, Ekonomi dan Bisnis
Keywords: Employee Branding, Loyalitas Karyawan Milenial

Abstract

Abstract. Basically, millennial employees tend to move around disloyal to the company. This triggers the company's efforts to create strategies to increase the convenience and loyalty of millennial employees. With the aim that millennial employees in the company can provide optimal performance for the company so that the company and millennial employees can jointly achieve company goals. This study aims to determine whether there is an influence of employee branding on millennial employee loyalty. Research focuses on millennial employees. This research uses descriptive and verification methods, uses a quantitative approach, and operates the calculations using IBM SPSS. Collecting data obtained through questionnaires, observation, interviews, and literature study. The sampling technique uses saturated sampling. Respondents in this study were millennial employees of CV. Alpha beta Multipreneur, totaling 30 people. The results of this study conclude that: 1) Employee Branding based on the perceptions of millennial employees at CV. Alpha Beta Multipreneur is included in the sufficient category. 2) Millennial Employee Loyalty at CV. Alpha Beta Multipreneur is included in the very good category. 3) Employee Branding (X) has a significant effect on Millennial Employee Loyalty (Y).

Abstrak. Pada dasarnya, karyawan milenial cenderung berpindah-pindah tidak loyal terhadap perusahaan. Hal ini memicu upaya perusahaan untuk menciptakan strategi peningkatan kenyamanan dan loyalitas karyawan milenial. Dengan bertujuan agar karyawan milenial dalam perusahaan dapat memberikan performa yang optimal kepada perusaaahn sehingga perusahaan dan karyawan milenial dapat bersama-sama mencapai tujuan perushaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah adanya pengaruh employee branding terhadap loyalitas karyawan milenial. Reseach focus pada pemelitian ini para karyawan milenial. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif, dengan menggunakan pendekatan pendekatan kuantitatif, serta mengoperasikan perhitungannya menggunakan IBM SPSS. Pengumpulan data yang diperoleh melalui kuesioner, observasi, wawancara, dan studi pustaka. Teknik penarikan sampel menggunakan sampling jenuh. Responden dalam penelitian ini adalah karyawan milenial CV. Alpha beta Multipreneur yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa : 1) Employee Branding berdasarkan persepsi karyawan milenial di CV. Alpha Beta Multipreneur termasuk kedalam kategori cukup. 2) Loyalitas Karyawan Milennial di CV. Alpha Beta Multipreneur termasuk kedalam kategori sangat baik. 3) Employee Branding (X) berpengaruh secara signifikan terhadap Loyalitas Karyawan Milenial (Y).

Published
2023-02-01