Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Dagim Ayam PD. X di Pasar Baru Trade Center Kota Bandung

  • Arasyd Agus Nurhadi Management,Ekonomi
  • Dede R.Oktini
Keywords: Label Halal, Keputusan Pembelian, Halal Label

Abstract

ABSTRACT. This thesis examines the effect of the halal label on the purchasing decision of PD chicken meat. Two Brothers at Pasar Baru Trade Center, Bandung City. The purpose of this study was to determine the process of obtaining a halal label, to find out the respondents' views on the halal label and the decision to purchase chicken meat at PD. Dua Saudara, and to find out the influence of the halal label on purchasing decisions. This type of research is quantitative. As the population and the sample is PD. Dua Saudara consumers as many as 96 people using the Lameshow formula. The data used in this study are primary data and secondary data. The technical analysis of the data used in this study is the normality test, linearity test, hypothesis testing using simple linear regression test, correlation coefficient test, determination test (R²), and t test. This study obtained the results of the analysis using the coefficient of determination technique (R²) showing the coefficient between the halal label variable and purchasing decisions of 57.1%. Based on the significance value of the coefficients obtained by 0.000 <0.05, then H₀ is rejected and Hₐ is accepted. So that the effect of the halal label on purchasing decisions is 57.1% and the remaining 43.9% is influenced by other factors not examined in this study.  

Abstrak. Skripsi ini meneliti tentang pengaruh label halal terhadap keputusan pembelian daging ayam PD. Dua Saudara di Pasar Baru Trade Center Kota Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses mendapatkan label halal, mengetahui pandangan responden terhadap label halal dan keputusan pembelian daging ayam di PD.Dua Saudara, dan mencari tahu adanya pengaruh label halal terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Sebagai populasi dan sampelnya adalah konsumen PD.Dua Saudara sebanyak 96 orang dengan menggunakan rumus Lameshow. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji hipotesis yang menggunakan uji regresi linear sederhana, uji koefisien korelasi, uji determinasi (R²), dan uji t. Penelitian ini memperoleh hasil analisis menggunakan teknik koefisien determinasi (R²) menunjukkan koefisen antara variabel label halal dan keputusan pembelian sebesar 57,1%. Berdasarkan nilai signifikansi dari Coefficients diperoleh sebesar 0,000 < 0,05 maka H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Sehingga pengaruh label halal terhadap keputusan pembelian sebesar 57,1% dan sisanya 43,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

 

Published
2022-01-19