Analisis Perbedaan Kinerja Keuangan Perusahaan sebelum dan saat Pandemi Covid-19 pada Perusahaan Perdagangan Eceran yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2018-2021

  • Dea Andini Agustin Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Azib Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Keywords: Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER), Return On Assets (ROA), Total Assets Turnover (TATO)

Abstract

Abstract. This study aims to find out whether there are differences in company financial performance before and during the Covid-19 pandemic. The variables used to measure financial performance are liquidity ratios as measured by Current Ratio (CR), solvability ratios as measured by Debt to Equity Ratio (DER), profitability ratios as measured by Return On Assets (ROA), and activity ratios as measured by Total Assets Turnover (TATO). The data used in this study is secondary data in the form of documentation of the company's financial statements. The population of this study are retail trading companies listed on the IDX in the retail trade subsector in 2018-2020 and the retailing subsector in 2021 with a total of 13 companies. The sample selection was carried out by purposive sampling technique and there were 8 companies. The research method used is descriptive statistics, normality test, homogeneity test, paired sample t-test, and sign-Wilcoxon test using SPSS. The results of the study show that there are differences in the company's financial performance as measured by CR, DER, ROA, and TATO.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kinerja keuangan perusahaan sebelum dan saat pandemi covid-19. Variabel yang digunakan untuk mengukur kinerja keuangan yaitu rasio likuiditas yang diukur dengan Current Ratio (CR), rasio solvabilitas yang diukur dengan Debt to Equity Ratio (DER), rasio profitabilitas yang diukur dengan Return On Assets (ROA), dan rasio aktivitas yang diukur dengan Total Assets Turnover (TATO). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berupa dokumentasi laporan keuangan perusahaan. Populasi penelitian ini adalah perusahaan perdagangan eceran yang terdaftar di BEI pada subsektor retail trade pada tahun 2018-2020 dan subsektor retailing pada tahun 2021 sejumlah 13 perusahaan. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan berjumlah 8 perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji beda paired sample t-test, dan sign-wilcoxon dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kinerja keuangan perusahaan yang diukur dengan CR, DER, ROA, dan TATO.

Published
2023-01-31