Pengaruh pelayanan Purna Jual dan Harga Jual Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Indihome

  • Ilham Sujana Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Dede R Oktini
  • M. Malik Akbar R
Keywords: Pelayanan Purna Jual, Harga Jual, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Abstract. The purpose of this study was to determine the application of After Sales Service at IndiHome in Bandung, to determine the application of Prices to IndiHome in Bandung, to determine Customer Satisfaction at IndiHome in Bandung and to determine how much influence After Sales Service and Selling Price on Customer Satisfaction on IndiHome. This research activity was conducted at IndiHome in Bandung City. The research method used is the survey method. The type of research used is descriptive verification with a quantitative approach. The sampling method used is non-probability incidental sampling. The sample in this study amounted to 100 respondents from IndiHome customers in the city of Bandung. The data collection method used is using a questionnaire. The data analysis method used is Multiple Linear Analysis with the aim of knowing the direction of the relationship between the independent variable (X1) and the independent variable (X2) and the dependent variable (Y). The results of this test state that the After Sales Service variable partially has a significant effect on Customer Satisfaction and the Selling Price variable partially has a significant effect on Customer Satisfaction. And simultaneously, after-sales service and price variables have a significant effect on customer satisfaction at IndiHome in the city of Bandung.

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan After Sales Service pada IndiHome Bandung, untuk mengetahui penerapan Harga pada IndiHome Bandung, untuk mengetahui Kepuasan Pelanggan pada IndiHome Bandung dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh After Sales Service dan Harga Jual tentang Kepuasan Pelanggan di IndiHome. Kegiatan penelitian ini dilakukan di IndiHome Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability incidental sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden dari pelanggan IndiHome di kota Bandung. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Linier Berganda dengan tujuan untuk mengetahui arah hubungan antara variabel bebas (X1) dan variabel bebas (X2) dengan variabel terikat (Y). Hasil pengujian ini menyatakan bahwa variabel After Sales Service secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dan variabel Harga Jual secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Dan secara simultan variabel layanan purna jual dan harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada IndiHome di kota Bandung.

Published
2022-01-19