Pengaruh Pemasaran Media Sosial dan Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen PT Sindang Reret
Abstract
Abstract. This study aims to find out how the description of social media marketing, product differentiation and consumer purchasing decisions at PT. Sindang Reret Surapati, Bandung, and how much influence social media marketing, product differentiation has on buyer decisions. This research is a type of descriptive and verification research using quantitative research methods. The sampling technique used in this study was non-probability sampling, namely purposive sampling. The population in this study were consumers who had purchased food products from PT. Sindang Reret Surapati, Bandung with a sample of 100 respondents. Data analysis used in this study is descriptive and verification analysis using multiple linear regression analysis, f test, t test, and the coefficient of determination. The results of this study indicate that social media marketing partially has a significant effect on consumer purchasing decisions, product differentiation partially has a significant effect on consumer purchasing decisions, and social media marketing and product differentiation simultaneously have an effect on consumer purchasing decisions.
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran pemasaran pada media sosial, diferensiasi produk dan keputusan pembelian konsumen pada PT. Sindang Reret Surapati, Bandung, serta seberapa besar pengaruh pemasaran media sosial, diferensiasi produk terhadap keputusan pembeliam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dan verifikatif dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif, Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling yaitu purposive sampling, populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli produk makanan dari PT. Sindang Reret Surapati, Bandung dengan sampel sebanyak 100 responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan verifikatif menggunakan analisis regresi linier berganda, Uji f, Uji t, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemasaran media sosial secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, diferensiasi produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, serta pemasaran media sosial dan diferensiasi produk simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen.