Pengaruh Beban Kerja dan Kecerdasan Emosional terhadap Kinerja Karyawan PT KAI (Persero) Daop II Bandung

  • Annisa Miftahul Maghfiroh prodi manajemen
  • Rusman Frendika Prodi Manajeme, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Allya Roosallyn Prodi Manajeme, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Keywords: Beban Kerja, Kecerdasan Emosional, Kinerja Karyawan

Abstract

Abstract. Employee performance is all activities carried out by employees in providing the best and quality work for the company (Harahap and Tirtayasa, 2018). According to Reza and Arman (2021) employee performance can be influenced by workload where load is a determining variable and can explain the results of employee performance besides that according to Ali (2017) a variable that can affect performance is emotional intelligence possessed by employees where this ability It is very important for employees to have to maintain emotional stability and manage the emotions of employees. The results of this study conclude that: 1) The workload at PT KAI (Persero) Daop II Bandung is high because employees feel burdened with the existing workload. 2) The emotional intelligence of PT KAI (Persero) Daop II Bandung employees is quite good. 3) The performance of PT KAI (Persero) Daop II Bandung employees is quite good. 4) Partially, workload has a significantly negative effect on the performance of employees of PT KAI (Persero) Daop II Bandung. Partially, emotional intelligence has a significantly positive effect on the performance of PT KAI (Persero) Daop II Bandung employees. Simultaneously, workload and emotional intelligence have a strong relationship to employee performance and the direction of the relationship is negative for workload and positive for emotional intelligence, meaning that even though the workload is high, because employees have strong self-motivation, it will increase the performance of PT employees. KAI (Persero) Daop II Bandung

Abstrak. Kinerja Karyawan merupakan seluruh aktivitas yang dilakukan oleh pegawai dalam memberikan hasil pekerjaan yang terbaik dan berkualitas untuk perusahaan (Harahap dan Tirtayasa,2018). Menurut Reza dan Arman (2021) kinerja karyawan dapat dipengaruhi oleh beban kerja dimana beban adalah sebagai variabel penentu dan dapat menjelaskan hasil dari kinerja karyawan selain itu juga menurut Ali (2017) variabel yang dapat mempengaruhi kinerja adalah kecerdasan emosional yang dimiliki oleh karyawan dimana kemampuan tersebut sangat penting untuk dimiliki oleh karyawan untuk tetap menjaga kestabilan emosional dan pengelolaan emosional dari para karyawan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Beban kerja yang ada di perusahaan PT KAI (Persero) Daop II Bandung tergolong tinggi karena karyawan merasa terbebani dengan beban kerja yang ada. 2) Kecerdasan emosional yang dimiliki oleh karyawan PT KAI (Persero) Daop II Bandung tergolong baik. 3) Kinerja yang dimiliki oleh karyawan PT KAI (Persero) Daop II Bandung tergolong baik. 4) Secara parsial beban kerja memiliki pengaruh negatif secara signifikan terhadap kinerja karyawan PT KAI (Persero) Daop II Bandung. Secara parsial kecerdasan emosional memiliki pengaruh positif secara signifikan terhadap kinerja karyawan PT KAI (Persero) Daop II Bandung. Secara simultan beban kerja dan kecerdasan emosional memiliki hubungan yang kuat terhadap kinerja karyawan dan arah hubungan berarah negatif untuk beban kerja dan positif untuk kecerdasan emosional berarti semakin walaupun beban kerja yang diberikan tinggi tetapi karena para karyawan memiliki motivasi diri yang kuat maka akan meningkatkan kinerja karyawan PT KAI (Persero) Daop II Bandung

Author Biographies

Rusman Frendika, Prodi Manajeme, Fakultas Ekonomi dan Bisnis

 

 

Allya Roosallyn , Prodi Manajeme, Fakultas Ekonomi dan Bisnis

 

 

Published
2023-01-31