Indikator Ichimoku Kinko Hyo dan Moving Average Convergence Divergence (MACD) untuk Menentukan Sinyal Membeli dan Menjual dalam Perdagangan Saham Sektor Perbankan

  • Muhammad Azryal Rangga Pramodya Ekonomi dan Bisnis
  • Azib Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Susilo Setiyawan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Keywords: Analisis Teknikal, Moving Average Convergence-Divergence, Ichimoku Kinko Hyo

Abstract

Abstract. This study aims to determine whether the application of technical analysis using the Ichimoku Kinko Hyo indicator and the MACD oscillator can be used as a guide in determining buy and sell signals in banking sector stock trading in the LQ45 index. The scope of this research was conducted at banking sector companies in the LQ45 index for the period 2021–2022, and the sample of this study consisted of 5 companies. Purposive sampling is a sampling technique. The data analysis technique used is technical analysis with Ichimoku Kinko Hyo and MACD indicators, both as individual and combined indicators. The data collection technique used in this study is secondary data taken from the daily closing stock prices of the sampled companies and accessed through the website www.tradingview.com. As for the results of this study, the Ichimoku Kinko Hyo and MACD indicators can be used to correctly determine buy and sell signals for stocks.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan analisis teknikal dengan menggunakan indikator Ichimoku kinko hyo dan oskilator MACD tersebut dapat dijadikan pedoman di dalam penentuan sinyal membeli dan sinyal menjual pada perdagangan saham sektor perbankan dalam indeks LQ45. Lingkup penelitian ini dilakukan pada perusahaan sektor perbankan di indeks LQ45 periode 2021 – 2022, dan sampel penelitian ini berjumlah 5 perusahaan. Dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis teknikal dengan indikator Ichimoku kinko hyo dan MACD baik berupa masing-masing indikator maupun indikator gabungan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diambil dari penutupan harian harga saham pada perusahaan yang dijadikan sampel dan diakses melalui situs www.tradingview.com. Adapun hasil penelitian ini indikator Ichimoku kinko hyo dan MACD  tersebut dapat digunakan untuk menentukan silnyal beli dan sinyal jual pada saham secara tepat.

Published
2023-01-31