Pengaruh Pelayanan Prima dan Harga Ekonomis terhadap Kepuasan Konsumen Bus Budiman

  • Ilham Mardani Manajemen,Fakultas ekonomi dan bisnis
  • Dede R Oktini
  • Mochamad Malik A R
Keywords: Pelayanan Prima, Harga Ekonomis, Kepuasan Konsumen

Abstract

Abstract. Excellent service and economical prices are factors that influence consumer satisfaction. Bus Budiman seeks to increase consumer satisfaction by implementing an economical pricing strategy and providing excellent service by providing facilities according to consumer wishes. However, the two strategies have not been realized properly. The gap between the price and the services provided by Budiman Bus has reduced consumer satisfaction. This study aims to test and find out how the influence of excellent service variables and economical prices on consumer satisfaction. This research is a type of descriptive and verification research with quantitative methods. The sampling technique used is purposive sampling method by taking a sample from the total population, so that the sample taken must meet the criteria as a Budiman Bus service user. Data analysis in this study used regression analysis, multiple linear, f test and t test. The results of this study indicate that partially there is a positive and significant influence between the Excellent Service (PP) variable on the Consumer Satisfaction (KK) variable. Partially there is a positive and significant influence between the Economic Price (HE) variable and the Consumer Satisfaction (KK) variable on the Budiman Bus. Then simultaneously there is a positive and significant influence between excellent service and economical prices on customer satisfaction using Budiman Bus services

Abstrak. Pelayanan prima dan harga ekonomis menjadi faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Bus Budiman berupaya meningkatkan kepuasan konsumen dengan menerapkan strategi harga ekonomis serta memberikan pelayanan prima dengan menyediakan fasilitas sesuai keinginan konsumen. Namun kedua strategi tersebut masih belum terealisasikan secara tepat. Ketidak kesesuaian antara harga dan pelayanan jasa yang diberikan Bus Budiman membuat menurunnya kepuasan bagi konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan mengetahui bagaimana pengaruh dari variabel pelayanan prima dan harga ekonomis terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dan verifikatif dengan metode kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah dengan metode purposive sampling dengan pengambilan sampel populasi total, maka sampel yang diambil harus memenuhi kriteria telah menjadi pengguna dari layanan jasa BusĀ  Budiman. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi, linier berganda, uji f dan uji t. Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel Pelayanan Prima (PP) terhadap variabel Kepuasan Konsumen (KK). Secara parsial, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel Harga Ekonomis (HE) terhadap variabel Kepuasan Konsumen (KK) pada Bus Budiman. Kemudian, secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pelayanan prima dan harga ekonomis terhadap kepuasan konsumen pada pengguna layanan jasa Bus Budiman.

Published
2023-01-30