Pengaruh Kualitas Makanan dan Ulasan Online terhadap Niat Beli di Kopi Janji Jiwa Permata Cimahi pada Aplikasi Gofood

  • Arya Pramanda Putra Manajemen
  • Nina Maharani Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Moch. Malik Akbar Rohandi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Keywords: Kualitas Makanan, Ulasan Online, Niat Beli

Abstract

Abstract. This study aims to find out how the description of food quality, online reviews and purchase intentions at Kopi Janji Jiwa Permata Cimahi, and how much influence food quality, online reviews have on purchase intentions partially and simultaneosly. This research is a type of descriptive and verification research using quantitative research methods. The sampling technique used in this research is purposive sampling. The population in this study are consumers who have purchased Kopi Janji Jiwa Permata Cimahi using the Gofood application with a sample of 100 respondents. The data analysis used in this research is descriptive analysis and using multiple linear regression analysis with hypothesis testing using t-test and f-test analysis. The results of this study show that food quality partially has a significant effect on purchase intention, partially online reviews have a significant effect on purchase intention, and food quality and online reviews simultaneously affect purchase intention.

Keywords: Food Quality, Online Customer Reviews, Purchase Intention

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran kualitas makanan, ulasan online dan niat beli di Kopi Janji Jiwa Permata Cimahi, serta seberapa besar pengaruh kualitas makanan, ulasan online terhadap niat beli secara parsial dan simultan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dan verifikatif dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif, Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling, populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli Kopi Janji Jiwa Permata Cimahi menggunakan aplikasi Gofood dengan sampel sebanyak 100 responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan pengujian hipotesis menggunakan analisis uji-t dan uji-f. Hasil penelitian ini menunjukan kualitas makanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap niat beli, ulasan online secara parsial berpengaruh signifikan terhadap niat beli, Serta kualitas makanan dan ulasan online secara simultan berpengaruh terhadap niat beli.

Kata Kunci: Kualitas Makanan, Ulasan Online, Niat Beli.

Published
2023-01-28