Pengaruh Pendapatan dan Gaya hidup terhadap Perilaku Keuangan

  • Muhamad Ramdan 10090317234
  • Azib Asroi
Keywords: Pendapatan, Gaya Hidup, Perilaku Keuangan

Abstract

Penelitian ini untuk membahas dan mengetahui pengaruh pendapatan dan gaya hidup terhadap perilaku pengelolaan keuangan keluarga pada Pelanggan di Toko Sembakone Desa Cigugur-girang. Jenis metode penelitian yang di gunakan yaitu metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian yang di teliti menggunakan populasi dari Pelanggan Toko Sembakone Desa Cigugur-girang dengan jumlah 100 orang pelanggan.
Penelitian ini menggunakan teknik probability sampling dengan metode random sampling di lanjutkan dengan rumus slovin dengan tingkat kesalahan 10%, maka sampel yang didapat sebanyak 50 pelanggan. Teknik pengumpulan data yang di gunakan ialah menyebarkan kuesioner. Uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji t, uji f dan uji hipotesis di gunakan untuk teknik analisis data. Instrumen tersebut menggunakan analisis yang di bantu dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 25.
Penelitian menunjukkan hasil, bahwa gaya hidup berpengaruh secara signifikan baik secara parsial dan simultan tetapi pendapatan hanya berpengaruh secara simultan terhadap perilaku pengelolaan keuangan keluarga pada pelanggan Toko Sembakone Desa Cigugur-girang. Hal ini membuktikan bahwa perilaku pengelolaan keuangan keluarga dipengaruhi secara signifikan baik pendapatan dan gaya hidup secara simultan tetapi hanya gaya hidup berpengaruh secara parsial terhadap perilaku pengelolaan keuangan keluarga.
Kata Kunci : Pendapatan, Gaya Hidup, Perilaku Pengelolaan Keuangan. 

Published
2022-08-15